Awas! ECU Motor Non ABS Jangan Dipasang di Motor ABS, Ini Alasannya

Fadhliansyah - Rabu, 19 Desember 2018 | 17:05 WIB
otomotifnet
ECU aftermarket dan asli Yamaha NMAX

MOTOR Plus-online.com - ECU Aftermarket buat motor non ABS bisa enggak dipasang di motor ABS?

Mungkin banyak yang bertanya-tanya, terutama dari pemilik motor dengan fitur rem ABS yang mau utak-atik sektor pengapian.

Karena seperti yang kita tahu, ABS di motor berhubungan dengan ECU (Electronic Control Unit), yang bekerja sebagai 'jantung' di motor injeksi.

"Kalau BRT memang punya ECU aftermarket yang berbeda antara motor non ABS dengan motor ABS," ucap Tomy Huang dari BRT-Bintang Racing Team.

Baca Juga : Merinding! Yamaha NMAX Jadi Tempat Bersarang Ular Paling Beracun di Dunia

Baca Juga : Dengkul Langsung Lemes, Truk Tanah Hilang Kendali Gilas 5 Motor di Tangerang, Korban Bergelimpangan

Dari segi fisik dan tampilan sendiri memang tidak ada perbedaan dan bisa dipasang, namun risikonya ECU atau sistem ABS tidak berfungsi.

“Perbedaannya hanya terdapat pada pemrograman ECU, sehingga kalau ECU non ABS dipasang ke ABS bisa terganggu modul ABS-nya,” tambah Tomy Huang.

Meskipun motor bisa berfungsi saat pasang ECU aftermarket non ABS ke motor ABS, imbasnya bisa mengakibatkan kegagalan sistem ABS.

Risikonya tentu sistem ABS bisa error atau bahkan rusak dengan ciri indikator lampu ABS menyala dan rem ABS tidak berfungsi.

Baca Juga : Pernah Jajal Mobil Formula 1, Jorge Lorenzo Bilang MotoGP Lebih Sulit

Karena alasan tersebut, ECU nya tidak bisa saling tukar pasang dan pengguna perlu lebih teliti sebelum membeli ECU aftermarket.

Sesuaikan dengan spesifikasi motor kalian yang pakai ABS atau tidak.

Source : GridOto.com
Penulis : Fadhliansyah
Editor : Fadhliansyah




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular