Dishare Polisi, Ini Dia Pelanggaran Yang Terciduk CCTV Tilang e-TLE

Arseen - Senin, 17 Desember 2018 | 19:00 WIB
Instagram @tmcpoldametro
Ilustrasi. Pusat Pemantau CCTV E-TLE

MOTOR Plus-online.com - Per tanggal 1 November 2018 lalu, Electronic Traffic Law Enforcement (e-TLE) resmi diterapkan oleh Korps Kepolisian Lalu Lintas (Korlantas) Republik Indonesia.

Dengan e-TLE, pelat nomor pengguna kendaraan yang melakukan pelanggaran lalu lintas terpantau melalui kamera pengawas CCTV.

Hingga saat ini, CCTV e-TLE sudah terpasang di dua lokasi di Jakarta, yaitu di persimpangan Patung Kuda dan di persimpangan Sarinah, Jakarta Pusat.

Menanggapi penerapan e-TLE tersebut, Kakorlantas Irjen Pol Refdi Andri memaparkan hasil teknologi baru tersebut kepada awak media beberapa waktu lalu.

Baca Juga : Masih Nekat Pakai Mika Bening, Siap-siap Penjara dan Denda Rp 500 Ribu

Baca Juga : Kisah Saksi Mata Kecelakaan Polisi Patwal Tewas Tertabrak Pajero di Malang

"Sejauh ini, pelanggaran yang dilakukan meliputi marka, bonceng tiga, rambu-rambu, kecepatan, dan lain-lain,” ujar Andri di Jakarta (13/12/2018).

Andri berharap, nantinya pelanggaran-pelanggaran tersebut tidak hanya jadi bahan evaluasi petugas.

“Kami harapkan juga menjadi evaluasi bagi semua pengguna jalan, bukan saja yang kena tindak atau tilang," kata dia.

Sementara itu, menurut Andri, hingga saat ini jumlah tilang yang dilakukan Polantas mencapai 8 juta kasus per tahun di seluruh Indonesia.

Ia berharap, jumlah tersebut akan turun pada tahun 2019.

“Kami harap, tahun depan bisa setengahnya. Tetapi bukan karena tidak adanya penindakan di lapangan, tetapi karena tidak adanya pelanggaran lalin oleh pengguna jalan," tutup Andri.

Penulis : Arseen
Editor : Arseen




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.