Yang Punya Motor Matik Wajib Tahu, Ternyata Ini Fungsi Roller di CVT

Fadhliansyah - Minggu, 16 September 2018 | 14:15 WIB
Isal/GridOto.com
Roller Yamaha Xeon


MOTOR Plus-online.com - Banyak masyarakat yang menggunakan motor matik untuk aktivitas sehari-hari karena lebih simpel dibandingkan motor manual.

Motor matik menggunakan transmisi otomatis CVT (Continuosly Variable Transmission) yang memerlukan perawatan khusus setiap kelipatan kilometer tertentu, agar performanya tidak berkurang.

Dan CVT pun terdiri dari berbagai macam komponen, salah satunya adalah roller.

Apasih sebenarnya fungsi dari roller pada CVT motor matik?

(BACA JUGA:Trail Game Asphalt, Boyolali: Pembalap tuan Rumah, Wahyu Nugroho Mengamuk)

"Fungsi roller untuk memberikan tekanan keluar pada rumah roller sehingga memberikan perubahan diameter pada v- belt, jadi roda bisa bergerak," kata Pardiman, Mekanik Bengkel Spesialis Matic Takutic, Kebagusan, Jakarta Selatan.

Intinya, roller berfungsi membantu mengatur putaran mesin rendah ke tinggi.

Cara kerjanya, saat terjadi gaya sentrifugal, roller mendorong puli dan puli pun mengembang yang sekaligus bikin belt meregang.

"Bentuk dan berat roller sangat mempengaruhi kinerja rumah roller, bentuknya harus bulat supaya bergerak sempurna," ujar Pardiman.

(BACA JUGA:Trail Game Asphalt, Boyolali: Pembalap tuan Rumah, Wahyu Nugroho Mengamuk)

"Walaupun di pasaran banyak roller racing yang tidak berbentuk bundar tapi lebih bagus pakai yang bulat kalau buat harian," tambahnya.

Sedangkan berat roller juga harus pas, tidak terlalu ringan atau berat.

"Kalau pakai roller ringan akselerasi lebih bagus, tapi top speednya kurang, begitu sebaliknya kalau terlalu berat top speed bagus dan akselerasi kurang," pungkasnya.

Penulis : Fadhliansyah
Editor : Fadhliansyah




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.