Jangan Anggap Sepele, Memilih Spion yang Tepat Untuk Riding Harian Berkaitan dengan Nyawa

Mohammad Nurul Hidayah - Minggu, 25 Februari 2018 | 21:45 WIB
motorplus
Kaca Spion, Tips Memilih Spion Untuk Tunggangan Harian

MOTOR Plus-online.com - Spion yang dipasang di motor harian punya fungsi vital untuk menyelamatkan nyawa.

Bukan lebay, nyatanya spion bisa membantu melihat area blind spot seperti area belakang motor kita.

Bayangkan kalau asal belok tapi ada motor kencang dari belakang, bisa celaka kan?

Nah, untuk menghindarinya, Dody Irawan, modifikator motor yang berdomisili di Tanjung Priok, Jakarta Utara punya beberapa tips dalam memilih spion untuk tunggangan sehari-hari.

Spion standar bawaan pabrik sebenarnya sudah cukup aman, karena ukuran dan bahannya sesuai dengan ketentuan atau standar keselamatan yang ideal," buka Dody.

(BACA JUGA : Mantan Wakapolri Sindir Motor Enggak Boleh Lewat Tol di Indonesia)

"Namun, jika ingin memilih spion variasi usahakan cari yang ukurannya mirip standar serta tidak menggangu pandangan,” saran pria yang akrab disapa mas Dod ini

Terus, disarankan untuk memilih spion yang kacanya lebih cembung atau sering disebut convex mirror untuk mengurangi titik buta atau blind spot lebih luas.

Sehingga objek di belakang pengendara menjadi terlihat lebih jelas.

“Ditambah, usahakan cari material spion yang terbuat dari bahan yang kokoh agar tidak mudah rusak atau goyang selagi motor dikendarai," yakinnya.

"Satu lagi, jangan pernah meletakkan helm di atas spion ketika parkir. Keran bisa bikin kacanya baret sama tangkai spionnya mudah patah,” wanti mas Dod.





KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.