5 Cara Bikin Motor Irit

Motorplus - Jumat, 19 Juni 2015 | 04:25 WIB

Sekarang udah bukan zamannya motor boros. Semua produsen sepeda motor sendiri berlomba-lomba bikin motor yang paling irit. Bahkan, beberapa motor matik terbaru diklaim bisa menembus jarak 100 km lebih dengan 1 liter BBM. Meski begitu masih ada cara lain yang bikin motor lebih irit. Nih MOTOR Plus kasih 5 cara bikin motor irit.

Cara pertama, perilaku berkendara harus benar. Misalnya, membatasi kecepatan tidak lebih dari 60-70 km/jam dan diikuti buka tutup gas yang diurut. Satu lagi, jika memungkinkan kurangi penggunaan rem belakang. Sebab, penggunaan rem belakang bisa mereduksi power yang tersalur ke roda.

Langkah kedua dari 5 cara bikin motor irit adalah menggunakan pelumas yang tepat. Tugas pelumas untuk mengurangi friksi atau gesekan pada mesin. Jika kualitas pelumas sudah mulai jelek, tentu gesekan akan semakin besar dan membuat mesin jauh lebih boros.

Tekanan angin ban ideal juga dibutuhkan untuk membuat motor irit. Idealnya, tekanan ban depan 29 psi dan untuk ban belakangnya 33 psi. Kalau kurang dari itu area permukaan ban yang menapak dengan aspal jadi lebih besar. Ini membebani mesin saat memutar roda yang berimbas borosnya bahan bakar.

Diameter pelek bisa berpengaruh juga ke konsumsi BBM. Misalnya, di skubek. Banyak yang mengganti ukuran roda dari 14 inci menjadi 17 inci. Modifikasi seperti ini bisa bikin konsumsi BBM boros. Hasil pengujian, skubek dengan pelek 14 inci bisa berlari hingga jarak 37,5 km/liter. Sedangkan pelek 17 inci, hanya sanggup tempuh jarak 35,9 km/liter. Itu artinya, penggunaan diameter pelek lebih besar bikin konsumsi BBM skubek lebih boros 1,6 km/liter.

Trik pamungkas dari 5 cara bikin motor irit adalah bore up. Enggak selamanya bore up bikin motor boros. Kenyataannya pada motor matic bore up bisa bikin irit. Sebab, motor jadi tidak butuh putaran gas dalam untuk menjalankan motor. Hasil tes bore up di Yamaha Nouvo, sebelum bore up, Nouvo mampu berjalan hingga 32,8 km (satu liter BBM). Setelah dibore up, Nouvo mampu ngacir sajauh 34,2 km/liter. Artinya, lebih irit 1,4 km/liter. Tenaga juga lebih besar, efeknya, tak perlu putar lebih dalam grip gas. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.