Aman Enggak Ban Tipe Tube Jadi Tubeless?

Motorplus - Sabtu, 13 Desember 2014 | 05:30 WIB

(Kiri) Ban tubeless (kanan) ban tube type

Ada anggapan bahwa ban biasa bisa dijadikan ban tubeless yang tanpa ban dalam itu. Apa iya? Aman enggak ban tipe tube jadi ban tubeless?

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai pertanyaan tadi, lebih baik kita cari tahu dulu apa sih perbedaan mendasar ban non tubeless (tube type) dan ban tubeless. Info ini akan kupas apakah ban tipe tube bisa jadi ban tubeless.

“Singkatnya seperti ini, ban tubeless sebenarnya juga memakai ban dalam. Tapi, lapisan yang berfungsi layaknya ban dalam tersebut sudah menyatu di bagian dalam ban atau biasa disebut lapisan inner tube. Sedangkan ban non tubeless (tube type) tidak punya lapisan tersebut,” terang Jimmy, dari bagian Technical Service FDR Tire. 

Tidak hanya itu, perbedaan juga terletak pada bagian ujung ban yang menempel pada pelek, yang dinamakan bead. “Pada ban tubeless, bead-nya lebih halus sehingga angin tidak bisa keluar diantara celah keduanya. Beda dengan ban non tubeless (tube type) yang bead-nya lebih kasar,” imbuhnya.

Nah, kesimpulannya pasti sobat bikers sudah bisa menebak, bukan? Yap, dari penjelasan teknis tersebut sudah pasti tidak aman jika ban non tubeless (tube type) digunakan tanpa ban dalam. Karena angin ban akan keluar secara perlahan.  Jadi enggak aman ban tipe tube jadi ban tubeless. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular