Copot Aki Matic 125 Ini Caranya

Motorplus - Selasa, 28 Oktober 2014 | 10:15 WIB

Posisi aki motor skubek 125 cc di balik tebeng depan

Posisi pasang aki di motor enggak selalu di bawah jok atau di samping boks bagasi. Contohnya di skubek 125 cc macam Honda Vario Techno 125, Yamaha Xeon, Xeon RC dan GT 125, posisinya ada di bagian depan. Tepatnya di balik tebeng depan yang juga berfungsi sebagai breket pelat nomor.

“Ada juga sih yang kecewa karena mereka tahunya ada di bawah jok. Padahal posisi aki skubek 125 umumnya di depan kayak Xeon 125. Makanya, cara copot akinya beda dari lainnya,” ujar Eko Maryanto, mekanik Yamaha Mataram Sakti Ajibarang, Jawa Tengah.

Bongkar pasangnya pun ada prosedurnya. Salah sedikit, klip pengunci cover bisa patah. Atau malah bongkar sebagian cover yang tidak perlu. Misal mau copot aki Yamaha Xeon 125. Saran Eko, cukup lepas panel atau tebeng berikut dudukan pelat nomor depan tanpa lepas pelatnya.

Dicongkel pakai tangan atau obeng berlapis kain

“Biar panel mudah dilepas, 2 sekrup di bagian belakang di atas bagasi dikendurkan dulu. Lalu, tarik sisi kanan-kiri panel sambil ditekan dan digeser ke depan, supaya bisa lepas dari pengaitnya,” imbuh Eko yang mewanti kudu ekstra hati-hati biar pengait nggak patah.

Begitupun Honda Vario Techno 125 yang akinya di tebeng depan. Awalnya juga buka 2 sekrup di belakang tameng. Ungkit tameng pakai jari kedua tangan sambil ditarik keluar. “Kalau sulit atau keras, ungkit pakai obeng min yang dibungkus kain supaya tak lecet di bagian bodinya,” aku Abdul Syukur mekanik AHASS Andalas di Meruya Selatan, Jakarta Barat. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.