Upgrade Performa Yamaha R15, Bikin Power Band Makin Luas

Motorplus - Kamis, 29 Mei 2014 | 11:07 WIB

Kenaikan power sudah bergerak dari putaran bawah

Meski berbasis mesin V-ixion, masih banyak yang penasaran seperti apa performa Yamaha R15 bila dapur pacunya diupgrade. Soalnya, jagoan terbaru pabrikan garpu tala ini menganut transmisi 6-speed, yang sudah pasti akselerasinya berbeda lantaran rasio antar gigi cenderung closed.

Nih, biar gak penasaran, akan diuji langsung buat ente. Tapi, dilakukan secara bertahap. Dimulai dari aplikasi part pendongkrak tenaga bolt on lebih dulu. Kebetulan sudah ada beberapa produsen yang garap part performanya nih.

Edisi ini kita coba dua item part yang umumnya sering digunakan di motor injeksi. Yakni knalpot dan modul injeksi. Untuk knalpot, kami gunakan produk R9 tebaru berbahan titanium, yaitu tipe Austin Titanium Carbon seharga Rp 3,5 juta.

Sementara injeksinya pakai ECU stand alone Juken 2 keluaran BRT khusus buat R15. Banderolnya Rp 1 jutaan. Oh iya, meski mesin similar dengan V-ixion, ternyata pin soket ECU nya beda loh dari V-Ixion. “Tidak bisa pakai ECU V-ixion, karena beda jalur kabel di soketnya,” beber M. Abidin, GM Technical Service & Motorsport YIMM (Yamaha Indonesia Motor Manufacturing). (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular