Rem Lampu Nyala Saat Kunci Kontak On, Segera Lakukan Pemeriksaan Pada Bagian Switcher-nya

Motorplus - Kamis, 20 Februari 2014 | 12:07 WIB

Cirinya, lampu langsung on bersama kunci kontak

Lantaran posisinya berada di belakang pengendara, tanpa disadari lampu rem tidak bekerja sesuai fungsinya. Salah satu contohnya, bila lampu peringatan itu tidak berfungsi saat tuas rem ditekan. Atau, bisa juga cahaya tetap terang meskipun tidak ada tuas yang ditekan.

Nah, jika lihat system kerja rem belakang, peranti ini dipicu kerja tuas rem depan dan belakang. Yang mana kedua sama-sama menggunakan switch rem di setang bagian kanan (motor bebek dan sport) dan di sisi kiri bawah rangka buat rem belakang. Kecuali skubek, yang terpasang di kiri setang.

Dari semuanya, switch di tuas rem depan lebih sering dipakai dan rawan tertimbun debu. Belum lagi dudukan tombol di tuas mulai aus akibat gesekan. Sehingga memungkinkan kerja tombol switch enggak maksimal. Maka, kondisi seperti ini membuat lampu bisa saja hidup terus atau tidak nyala saat tuas rem ditekan.

Biar cepat deteksinya, segera uji fungsi tuas rem depan-belakang. “Jika kunci kontak di posisi ON dan lampu rem nyala, langsung saja cek tuas rem depan. Kan, enggak mungkin tuas rem belakang yang model switch-nya ditarik. Kecuali, setingan kekencangan,” ujar Yanto mekanik Prada Motor di Jl. Brigif, Ciganjur, Jakarta Selatan.

Gesekan bikin tombol switch jadi aus

Adapun penyebab lampu rem nyala terus, lanjut Yanto bisa dari rumah switch yang mulai longgar. Atau, bisa dari landasan tombol di tuas rem mulai terkikis lantaran sering bersinggungan atawa bergesekan. Alhasil, meski posisi tuas sudah kembali, tetapi tombol switch tidak bebas untuk meng-off kan switch tersebut.

Buat tetap safety di jalan, bila rumah switch sudah longgar atau memang sudah rusak tombolnya, sebaiknya segera diganti. Untuk ganti baru switch rem, harganya sekitar Rp 40 ribuan untuk handel remnya Rp 35 ribuan saja kok.

Tapi, kalau hanya landasan tombol di tuas rem yang aus, akali saja pakai lem plastik steel di bagian yang berlubang. “Caranya, siapkan obeng plus, kunci ring 10 mm dan lem plastic steel. Kemudian lepas handel remnya, lepas mur 10 di bawah handle rem,” imbuhnya.

Setelah mur dan baut terlepas, bagian yang berlubang di handel dibersihkan dan sedikit di ampelas biar ikatan lem sempurna. Lalu, adonan lem siap di tempelkan ke bagian handel rem yang aus dengan ketebalan seperlunya, kemudian keringkan sekitar 30 menit.

Biar semua maksimal, ada baiknya switch rem belakang juga dicek. Terutama setingan mur penentu jarak celah switch pada saat tuas rem belakang ditekan. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular