Trik dan Tips Bikin Motor yang Bisa Terobos Ketinggian Air di Lokasi-Lokasi Banjir, Ampibike

Motorplus - Kamis, 30 Januari 2014 | 13:53 WIB

Sealent di kepala busi

Apa boleh buat, tiap tahun beberapa kota selalu tergenang banjir. Di sisi lain aktivitas para brothers nggak bisa ditunda. Tetap daily riding untuk kerja atupun hang out. Sesuai semangat biker yang pantang menyerah, kita wajib antisipasi, bisa dengan cara membuat motor seperti kendaraan ampibi alias hidup di dua alam. Darat dan juga air.

Sealent ke soket kelistrikan

Langkah awal konsen di kepala busi agar nggak kena air. Untuk itu ada tips dari peturing yang terbukti ampuh. Mereka kerap menutupi kepala busi dengan sealant dan cable tie. Langkah ini sangat efektif. Air tidak mampu menyelinap masuk walau motor diguyur hujan, terkena percikan ataupun saat terobos genangan air. “Masukkan sealant ke sela-sela kabel sambungan juga soket kelistrikan,” jelas Deking, mekanik Azer Motor.

Karet ban bekas bikin belalai

Setelah semuanya oakley lebih afdal konsen ke bagian lain. Menurut Deking motor mati saat menerjang genangan karena ujung knalpot terendam air. Banyak biker mengakalinya dengan nyetel rpm tinggi agar mesin nggak mati. “Tapi ada cara lain yang lebih baik,” jelasanya.

Ujung knalpot disambung paralon

Ia lantas ngajak MOTOR Plus bikin prakarya kecil-kecilan. Bahannya murah meriah dan gampang didapat. Kita perlu karet ban dalam bekas untuk nyambungin ujung knalpot dengan pipa paralon sesuai diameter moncong knalpot. “Jangan lupa juga menorehkan sealant dan sempurnakan dengan klem yang banyak didapat di toko besi,” tambah Deking.

Ikatkan ke behel pakai cable tie

Setelah rapi sambungkan karet ujung satunya dengan paralon dengan perlakuan sama, pakai sealant dan klem. Pasang paralon penyambung knalpot dan ikatkan ke behel belakang dengan cable tie. Selamat mencoba! (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular