4 Rahasia Hemat Bahan Bakar Yamaha Soul GT

Motorplus - Sabtu, 14 April 2012 | 19:14 WIB


Soul GT hadir di Indonesia dengan klaim konsumsi bahan bakar cukup menggiurkan. PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) mengklaim Soul GT mampu menempuh jarak 51,9 km dengan satu liter bahan bakar dalam pengetesan kombinasi, bukan konstan.

Banyak yang mengira efisiensi ini diperoleh hanya karena aplikasi sistem injeksi Yamaha Mixture JET-Fuel Injection (YMJET-FI). Ternyata tidak! "Yamaha memiliki empat pilar untuk meraih efisiensi bahan bakar tanpa mengurangi performannya," buka M. Abidin, General Manager Technical PT YIMM.


Yang pertama adalah teknologi low friction, mesin barunya didesain minim gesekan. Mulai dari aplikasi ring piston baru, bearing camshaft, roller rocker arm, kruk as yang lebih ringan dan bearing kruk as yang lebih minim gesekan.

CVT barunya juga diyakini memiliki konstruksi yang lebih baik. Sumbu kruk as (puli depan) dan sumbu roda (puli belakang) dibuat lebih pendek agar lebih responsif. Kampas kopling juga didesain lebih lebar agar tidak ada tenaga yang hilang karena selip.

Kedua adalah forged piston dan diasil cylinder. "Kombinasi keduanya dapat mengurangi kerugian tenaga karena mampu menjaga celah piston selalu dalam kondisi stabil. Kedua komponen ini juga tahan digebuk kompresi tinggi," jelas pria ramah ini.

Keunggulan lainnya adalah bobotnya yang lebih ringan 35 persen dibanding besi. Pendinginannya juga lebih baik, pelepasan panasnya 280 persen lebih baik dari besi.

Fuel pump lebih kecil, tangki muat banyak bensin daya jelajah makin jauh
Dan yang ketiga adalah pompa bensin baru. Pompa bensin dalam sistem injeksi YMJET-FI ini memiliki ukuran yang sangat kecil. Selain konsumsi listiknya sangat kecil, ukurannya yang mungil ini membuat ruang tangki semakin besar. Bensin yang dibawa bisa lebih banyak sehingga daya jelajah lebih jauh.

Terakhir atau yang keempat adalah sistem injeksi YMJET-FI yang memiliki dua katup kupu-kupu di throttle body-nya. Satu katup membuka aliran udara untuk melalui selang air assist passage di putaran rendah, sedang katup lainnya membuka di putaran tinggi agar suplai udara semakin banyak sesuai dengan kebutuhan ruang bakar. 

Pada putaran rendah, aliran udara sengaja dipaksa melewati selang air assist passage. Tentunya untuk mendapatkan asupan udara yang efisien, tidak kelebihan udara tapi memiliki tekanan yang lebih besar.

YMJET-FI memiliki dua katup kupu-kupu
Apalagi selang air assist passage juga mampu memberikan efek turbulensi dan didukung dengan fuel pump baru dengan tekanan lebih tinggi, mencapai 324 Kpa. Akhirnya kabut bahan bakar jadi lebih halus, pembakaran makin sempurna. Torsi jadi mantab tapi efisiensi bahan bakar didapat.

"YMJET-FI sangat efektif di economic zone, yaitu di kecepatan 20 sampai 55 km/jam," ungkap Abidin. Sudah tahu kan teknologi hemat bahan bakarnya! (motorplus-online.com) 


Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.