Wuih! Pabrikan Motor Ini Jadi Penyumbang Terbanyak Pengekspor Ke Luar Negri

Arseen - Rabu, 17 Oktober 2018 | 21:05 WIB
Istimewa
Ilustrasi Pabrik Yamaha di Iwata, Jepang

MOTOR Plus-online.comAsosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) belum lama ini merilis data ekspor Indonesia ke beberapa negara.

Indonesia merupakan salah satu negara pengekspor sepeda motor di dunia.

Produknya terbukti mampu bersaing di kancah persaingan global.

Tak hanya pasar domestik yang tengah meningkat penjualannya, target pasar ekspor pun dinilai beberapa pihak akan mengalami kenaikan.

(BACA JUGA: Pembalap indonesia Yang Pernah Datang Ke Restoran Satu-satunya di Sirkuit Eks MotoGP)

Dan rupanya ekspor sepeda motor mengalami kenaikan mencapai 438.530 unit pada Januari hingga September 2018

Perolehan ini meningkat 41,8 persen dibanding periode yang sama tahun lalu, seperti diketahui di tahun 2017 ekspor sepeda motor tercatat hanya 309.325 unit.

Menurut AISI, angka ini masih mungkin mengalami peningkatan hingga 23 persen, atau mencapai sekitar 530 ribu unit hingga akhir tahun 2018.

“Angka kenaikan ekspor sepeda motor menunjukkan bahwa produk sepeda motor produksi anak bangsa sangat diminati dan diakui banyak Negara tujuan ekspor,” kaya Johannes Loman, Ketua Umum AISI kepada wartawan di Jakarta (15/10/2018).

(BACA JUGA: Sukasuka, Restauran Indonesia Satu-satunya di Sirkuit Eks MotoGP Jepang)

Dari 5 anggota AISI yang terdiri dari 4 merek Jepang dan 1 merek India, Yamaha rupanya menjadi penyumbang ekspor terbanyak.

Yamaha mampu menyumbang sekitar 55 persen ekspor sepeda motor, atau lebih dari 240 ribu unit.

Di urutan kedua ada Honda yang menyumbang 28,5 persen, kemudian Suzuki sebanyak 7,8 persen, dan Kawasaki sekitar 2,4 persen.

Penulis : Arseen
Editor : Arseen




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.