Begini Cara Ngakalin Ganti Warna Tanpa Perlu Urus STNK, Gampang!

Arseen - Jumat, 29 Juni 2018 | 09:57 WIB
Mocyc.com
Ilustrasi warna motor

MOTOR Plus-online.com - Supaya gak repot mengurus ulang perubahan data motor di kepolisian, ternyata ada cara yang bisa dilakukan oleh pemilik sebelum mengecat ulang motor.

Keterbatasan pilihan warna produk motor yang ditawarkan, membuat sebagian pemilik memutuskan untuk mengecat ulang warna motor miliknya.

"Kita sarankan pemilik motor untuk tetap mengikuti warna yang terdaftar di STNK. Contohnya tertulis warna merah, selama warna merahnya dominan itu aman," bilang Kurniawan, Sales Counter HPS (Honda Painting Shop) Astra Motor pada Gridoto (26/6).

Nah, kalau hanya ubah jenis cat dari hitam metalik ke doff dan ingin ada warna tambahan itu juga diperbolehkan selama warna di STNK tetap sekitar 70 persen dari keseluruhan warna motor.

(BACA JUGA: Wah.. Ada Warna Baru, Ternyata Harga Yamaha XMAX Ikut Naik Dikit)

"Seandainya warnanya ingin merah putih, warna kedua tidak boleh terlalu banyak diaplikasikan pada motor, untuk cat bermotif, warna bodi tetap merah namun dengan garis-garis putih tidak masalah," tambahnya.

Kemudian bagaimana jika pemilik ingin ganti warna misalnya dari silver menjadi hitam?

Hal ini tetap bisa dilakukan namun dengan kondisi khusus.

"Untuk konsumen Honda Painting Shop, khusus pembelian motor baru di Astra Motor tidak perlu urus ubah warna, karena persuratan baru akan diurus oleh tim setelah warna berubah," ujar Kurniawan.

Sedangkan untuk pemilik motor yang sudah terdaftar dan ingin ganti warna berbeda dari STNK, bengkel cat hanya akan memberikan surat pengantar ganti warna dan konsumen harus mengurus sendiri ke kepolisian.

Penulis : Arseen
Editor : Arseen




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular