Belum Yakin, Lebih Bagus Mana Piston Forging atau Casting?

Mohammad Nurul Hidayah - Minggu, 11 Maret 2018 | 09:57 WIB
Bukalapak
Ilustrasi piston motor

MOTOR Plus-online.com - Seperti diketahui, piston yang beredar di pasaran dibedakan dalam cara membuatnya yakni forging dan casting.

Lantas apa kelebihan dan kekurangan piston jenis casting dan forging?

M. Abidin GM After Sales & Public Relation PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) memaparkan sebuah matrik yang intinya begini.

Dari segi ketahanan terhadap panas serta kemampuan melepas panas, baik jenis casting maupun forging masih terbilang baik.

Namun dari segi perubahan struktur material ketika digunakan, terutama saat mesin berkerja berat seperti sering digeber di putaran tinggi, perubahan struktur piston forging lebih sedikit dibanding jenis casting.

(BACA JUGA : Ini Perbedaan Piston Forging dan Casting, yang Satu Cara Bikinnya Kayak Samurai)

Perubahan yang dimaksud yakni dari padat ke cair, trus ke padat lagi.

Makanya ente mungkin pernah dengar, di ajang balap ada piston bolong karena enggak tahan panas akibat kompresi tinggi dan pengapian gede.

Nah, umumnya itu sering terjadi pada piston jenis casting.

“Tapi, sebenarnya itu tergantung setingan mesinnya juga. Soalnya dari pengalaman yang pernah tim saya alami, piston forging juga bisa bolong-bolong karena kegedean pengapian,” ucap Rudi Hadinata, Owner tim balap Trijaya.

Namun secara kekuatan dan ketahanan, Rudi mengakui bahwa piston forging lebih bagus dari jenis casting.

(BACA JUGA : Bukan Hulk.. Ini Video Aksi Ojol Meringkus Jambret yang Lagi Viral





KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular