Saat Hujan Pentil Tubeless Bisa Putus Gara-Gara Dibuka Paksa

Arseen - Senin, 26 Februari 2018 | 05:00 WIB
Candra

MOTOR Plus-online.com - Akhir-akhir ini Ilham Wahyudi yang menjabat sebagai GM Servis Yamaha PT STSJ Jatim mendapati beberapa konsumen mengalami kejadian ini.

Kejadiannya adalah pentil ban roda putus, sebabnya karena tutup pentil tidak bisa dilepas yang mengakibatkan batang pentil putus.

"Sudah ada beberapa konsumen yang begitu, kejadiannya hanya pada pentil tubeles," bilang Ilham.
Bukan tanpa sebab, hal tersebut dirasa wajar karena sudah masuk musim penghujan.

Ulir drat berbahan besi yang sifatnya mengikat jika bertemu besi dan terkena air hujan.

(BACA JUGA: Kok Bisa Fitur Ini Enggak Ada di All New Honda PCX, Padahal BeAT Aja Punya)

"Bisa jadi karena terlalu sering terkena air hujan, drat dan tutup pentil lekat tidak bisa lepas dan itu kebanyakan terjadi pada tututp pentil yang variasi," tambahnya.

Candra
Saran Ilham, sebaiknya hindari penggunaan tutup pentil variasi dan baiknya hindari penggunaan tutup pentil yang berbahan alumunium atau besi.

"Sah saja sebenarnya, bisa dilumasi dengan pelumas supaya tutup dan drat pentil tidak lekat," wanti pria yang hobby bersepeda ini.

Kalau sudah putus batang pentilnya, sampean wajib menebus ban dalam atau pentil baru tubeless tuh.

"Kejadiannya lebih ke pentil tubeless, untuk yang menggunakan ban dalam hampir tidak pernah saya jumpai. Karena yang dari ban dalam sudah full drat besi, jadi jarang hingga terjadi putus," tutupnya.

Penulis : Arseen
Editor : Arseen




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.