Putaran Gas Motor Tidak Stasioner, Ini Efek Membiarkannya

Arseen - Kamis, 18 Januari 2018 | 18:09 WIB
Aant/Otomotifnet
Efek putaran mesin terlalu tinggi

MOTOR Plus-online.com - Stasioner gas yang ideal tentunya akan membuat masa pakai komponen dalam mesin motor menjadi lebih panjang usianya.

Selain merusak komponen mesin, jika dibiarkan dalam jangka lama, putaran gas yang tidak stasioner ternyata memiliki risiko bikin berkendara jadi gak nyaman.

Putaran stasioner motor memiliki ukuran standarnya.

"Angka ideal putaran stasioner mesin untuk tipe cub dan sport yaitu 1.400±100 rpm dan untuk tipe matic 1.700±100 rpm”, kata Dwi Wahyono , Technical Training Instructor Astra Motor Yogyakarta.

(BACA JUGA: Salut! Acungin 2 Jempol Buat Pembalap Motocross Ini )

Nah, lalu apa dampaknya jika membiarkan putaran gas enggak stasioner?

Putaran stasioner yang terlalu tinggi akan membuat motor akan terasa menyentak saat memasukan persneling.

"Dampaknya kalau putaran terlalu tinggi, masuk gigi pertama akan menyentak untuk tipe cub. Pada tipe matik dan termasuk tipe cub, kampas kopling gandanya tentu akan lebih boros," kata Dwi Wahyono.

Sedangkan jika membiarkan putaran stasioner terlalu rendah, akan menyebabkan sirkulasi oli menjadi tidak maksimal.

(BACA JUGA: Sudah Tahu Arti Warna Abu-Abu Livery Motor Ducati 2018? Ada Makna Rokok Disana)

"Putaran mesin terlalu rendah saat langsam juga tidak baik. Karena akan mengakibatkan pengisian battery kurang maksimal, sirkulasi oli juga tidak maksimal, selain itu juga akan menyebabkan mesin mudah mati," lanjut Dwi.

Nah, jadi ada baiknya untuk tetap melakukan servis berkala agar performa motor tetap terjaga serta mengurangi resiko terjadinya kecelakaan, sob.

Penulis : Arseen
Editor : Arseen




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.