Enggak Ada di PCX 150 Terbaru, Ini Tujuh Keunggulan Yang Ada di Yamaha NMAX

Arseen - Jumat, 22 Desember 2017 | 13:34 WIB
Dok Gridoto.com
Kaki-kaki Yamaha NMAX 155 lebih lebar dari All New Honda PCX 150

MOTOR Plus-online.com - Ada tujuh keunggulan teknologi dan fitur di Yamaha NMAX 2018 yang enggak ada di All New Honda PCX 150.

Apa aja yah?, berikut keunggulannya.

1. ABS DUAL CHANNEL
Varian paling mahal dari Yamaha NMAX sudah pakai Antilock brake system (ABS) dikedua roda atau istilah kerennya dual channel.

Sedang All New Honda PCX 150, mesin roda belakangnya juga sudah disc brake, tapi hanya bagian depan saja yang pakai ABS, atau single channel.

Dengan ABS, jika terdeteksi roda terkunci maka modul ABS akan mengurangi kekuatan pengereman secara otomatis sehingga kemungkinan terjatuh karena selip bisa dikurangi.

2. MESIN LEBIH BESAR
Mesin baru All New Honda PCX 150 kapasitas ruang bakarnya 149,3 cc karena diameter pistonnya di perkecil jadi 57,3 mm tapi langkah piston masih 57,9 mm.

Sedang Yamaha NMAX jelas lebih besar yaitu 155 cc berkat penggunaan piston 58,0 mm dan stroke 58,7 mm.

3. ADA VARIABLE VALVE ACTUATION (VVA)
Selangkah lebih maju, Yamaha NMAX sudah dilengkapi dengan teknologi Variable Valve Actuation (VVA) di klep masuknya (in).

Dengan VVA, bukaan klep (durasi juga lift noken as atau kem) bisa berubah sesuai putaran mesin.

Dua klep masuknya dikawal dua profil kem, high dan low yang bekerja bergantian pada 6.000 rpm.

Kem low bekerja saat awal mesin berakselerasi sampai ke 6.000 rpm, di atas itu ECU akan mengaktifkan kem high dengan profil lebih tinggi.

Hasilnya, respon di putaran mesin bawah sangat baik, namun di putaran menengah - atas, kem high mampu membuat klep membuka lebih lama maka tenaga atasnya seperti enggak habis-habis.

( BACA JUGA : Adu Teknologi Mesin Yamaha NMAX 155 dan Honda PCX 150, Punya Keunggulan Berbeda! )

Penulis : Arseen
Editor : Arseen




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular