Atasi Brebet Kawasaki Ninja 150, Kerik Aja Super KIPS-nya

Arseen - Jumat, 15 Desember 2017 | 15:49 WIB
Indra Kurniawan
Kawasaki Ninja 150R tobat balap liar

MOTOR Plus-online.com - Bagi pembesut motor Kawasaki Ninja 2-tak 150R dan juga 150RR yang sudah mengadopsi sistem mesin Super KIPS (Kawasaki Integrated Powervalve System), kerap mengeluh saat gas motor dibejek abis di RPM tinggi.

Gejala yg ditimbulkan, biasanya terasa sedikit brebet.

Seperti diketahui, jika fungsi dari Super KIPS yang letaknya berada disekitar area pembuangan akhir tersebut guna mengatur posisi tutup-buka pada saluran lubang exhaust.

"Biasanya di bagian Super KIPS ada endapan oli yang sudah menjadi kerak. Akibatnya, kinerja Super KIPS itu ogah berputar sempurna di saat membuka dan menutup, " jelas Simbah Mail, pebengkel Simbah Mail 126, di Jl. Raya Cigalagah, Kramat Mulya, Kuningan, Jawa Barat.

(Baca juga: Wah! Harga Seken Kawasaki Ninja RR 150 Bikin Geleng-geleng Kepala)

Silakan copot komponen Super KIPS di area blok mesin menggunakan kunci ring/pas 10 untuk membuka dua baut di bagian permukaan blok mesin.

Tapi ingat, dalam membuka bautnya harus terbalik arah dengan cara memutar dari posisi ketika mengencangkan baut.

Lalu congkel komponen Super KIPS tersebut dengan menggunakan obeng min.

Penulis : Arseen
Editor : Arseen




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular