Jangan Nyalakan Motor Saat Loading Sistem Injeksi, Bahaya!

Arseen - Selasa, 5 Desember 2017 | 06:20 WIB
Nurul

MOTOR Plus-online.com - Itu akan terjadi jika loading sistem injeksi saat motor baru dihidupkan, dianggap sepele oleh sobat bikers.

Tapi, otak yang diserang di sini bukan otak kita, melainkan otak sistem injeksi motor sobat.

Biasanya loading ini ditandai dengan panel instrumen atau spidometer yang menyala semua sebelum mengeluarkan tampilan normal.

Nah, selama loading ini, bikers sebenarnya dihimbau untuk tidak menyalakan mesin setelah proses loadingnya selesai, baru boleh.

(Baca juga: Anjay! Tabung Gas 3 Kg Dijadiin Helm Sama Kids Zaman Now)

Pada kenyataannya, tak sedikit bikers yang cuek akan masalah ini.

meski waktu loadingnya tidak lebih dari 5 detik.

Tapi banyak yang tidak sabar untuk segera menghidupkan mesin motornya.

Lalu sebenarnya apa pengaruh perilaku tersebut terhadap mesin?

"Ibarat tubuh manusia yang baru bangun tidur, mesin butuh waktu untuk beraktifitas. ECU harus memastikan semua sensor berfungsi sebelum bekerja. Kalau lagi tidur dibangunkan dengan kaget pasti kepala pusing kan? Di mesin pun sama, tapi efeknya tidak bisa langsung dirasakan," ucap Slamet Kasianom, Instruktur Yamaha Technical Academy PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing.

Penulis : Arseen
Editor : Arseen




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular