Begini Cara Agar Lampu Sein Yang Aplikasi LED Bisa Ngedip Manja

Arseen - Jumat, 24 November 2017 | 05:00 WIB
Dok.M+

MOTOR Plus-online.com - Lampu sein memang wajib terang. Kalau redup, ente bisa disundul dari belakang oleh pengendra lain, akibat gak kelihatan.

Memang lampu sein bawaan, sudah terbilang terang. Namun tak sedikit bikers yang merasa kurang puas dan pengen tampil lebih gaya.

Salah satunya, dengan mengaplikasi sein model LED, kayak motor-motor keluaran terkini.

Namun dalam mengaplikasikan sein LED, gak sembarangan colok nih bro! Ada komponen kelistrikan yang harus diubah terlebih dulu, agar sein bisa berkedip normal.

(Baca juga: Akhirnya Marc Marquez Bongkar Caranya Dirikan Motor yang Akan Jatuh)

“Selain lampu di tiap rumah sein diganti LED, lampu indikator di spidometer juga harus diganti LED. Biasanya pakai LED T5,” ucap Ayi M. Rizal, pebengkel rumahan, yang gape kelistrikan.

Kelar itu, flasher sein yang berfungsi untuk mengatur kedipan, juga harus diganti dengan yang khusus untuk lampu LED.

Sebab, komponen di dalam berbeda dari flasher untuk bohlam biasa.

“Orang biasanya menyebutnya flasher elektronik,” tukas warga Perumahan Hegar Asri, Blok AA3 No. 24, Cikarang Pusat, Bekasi ini.

(Baca juga: Gila! Karya Anak Bangsa, Honda CB Jadul Ini Jadi 6 Silinder, Simak Videonya..)

Kalau sudah mengganti komponen-komponen tersebut namun sein gak mau berkedip, berarti perlu pembahan dioda berukuran 1 ampere.

Penulis : Arseen
Editor : Arseen




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular