Rumus Modifikasi Honda Sonic 150R Juara Rajanya Road Race Kelas Pemula di Sumatera

Arseen - Senin, 20 November 2017 | 07:03 WIB
Dok.M+

Motorplus.gridoto.com - Rider tim Honda Menara Agung Bethar CLD IRC NHK FSCM Tofani Wijaya, dipastikan memenangkan kelas MP3 (Bebek 150 cc Tune Up Pemula) Kejurnas MotorPrix Region I musim ini.

Meskipun masih menyisakan dua seri lagi, rider asal Sumatera Barat itu sudah dipastikan tidak terkejar rival lainnya di klasemen.

Performa Tofan sapaannya, juga makin meyakiknkan di ajang Honda Dream Cup (HDC) Pekanbaru yang digelar pada 17 September lalu.

(Baca juga: Anjay! Marc Marquez Dapat Mobil BMW Lagi, Ini BMW Kelima-nya Berturut-turut)

Topan yang mengendarai pacuan garapan Syukra Tuhasa alias Bethar ini, mampu meraih double winner di kelas HDC 2 (Bebek 150 cc Tune Up pemula). Apa saja sih kunciannya?

KOMPRESI.

Perbandingan kompresi mesin dari pacuan Topan tidak dipatok terlalu tinggi oleh Bethar.

"Ketemu di angka 12,5 : 1 dengan BBM Pertamax Turbo. Angka segitu berkat penggunaan piston forged BRT ukuran 57,3 mm dan papas head beberapa milimeter. Kalau tidak salah sekitar di angka 3 mm," ucap Bethar yang justru kini bermarkas di Jakarta bareng Ultraspeed Racing di Daan Mogot, Jakarta Barat.

Dok.M+
HEAD.

Klepnya bikinan Ultraspeed Racing ukuran 24/22 mm (in/ex).

Sementara durasi kem diracik sendiri oleh mantan mekanik mobil ini, di angka 271 derajat baik in maupun ex, karena trek-trek Sumatera yang cenderung pendek.

Penulis : Arseen
Editor : Niko Fiandri




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.