Trik Ampuh Bikin Tarikan Awal Honda CB150R Lebih Galak, Ongkos Gak Sampe Gocap!

Mohammad Nurul Hidayah - Selasa, 14 November 2017 | 17:02 WIB
Motorplus.gridoto.com
Per kopling

MOTOR Plus-online.com - Banyak yang mengeluhkan tarikan awal Honda CB150R agak kasar alias gredek kalau mesin sudah panas.

Kalau seperti ini pasti mempengaruhi performa mesin.

Setelah ditelusuri, asal penyakitnya ternyata dari bagian kopling khususnya komponen per kopling yang menjadi penghubung pelat gesek dengan kampas.

"Iya, masalah tarikan awal CB150R itu bisa dari per koplingnya," kata Ujang, mekanik Ardi Motor Kalisari, Jakarta Timur.

"Solusinya bisa substitusi pakai per kopling milik Honda Tiger," saran Ardi.

(BACA JUGA: Bisa Nih Pemilik Honda CB150R Streetfire Pakai Kampas Kopling Motor Ini, Lebih Tebal Cuy)

Dilihat dari segi ukuran, per kopling milik Honda Tiger lebih panjang dan punya jarak ulir lebih renggang dibandingkan per kopling bawaan CB150R.

Jadi secara teori, per kopling Tiger bisa memberikan tekanan lebih besar ke kampas kopling ketimbang per kopling bawaan CB150R.

"Dari segi bentuk, per kopling Honda Tiger memang lebih besar diameter dan panjangnya. Tapi tidak terlalu jauh bedanya jadi nggak perlu dipotong langsung pasang saja," tambah Ardi.

"Pakai per kopling Tiger tuas kopling juga tidak terlalu berat. Tidak seperti saat menggunakan per racing. Jadi aman buat harian," tambahnya.

Untuk harga, per kopling Honda Tiger sangat terjangkau. 

Satuannya dijual Rp 10.000, kalau beli 4 jadinya habis cuma Rp 40.000.

Kalau ogah pasang sendiri tinggal siapkan ongkos pasang di bengkel, sekitar Rp 35.000.





KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular