Ngerih! Begini Dampaknya Bila Menyepelekan Kampas Kopling, Bakal Rogoh Kocek Dalem

Arseen - Kamis, 9 November 2017 | 12:24 WIB
Dok.M+

MOTOR Plus-online.com - Kampas kopling pada motor sport biasanya punya usia pakai antara 15.000 km - 20.000 km, tergantung dari gaya berkendara pengguna motor.

Jika kondisi kampas kopling sudah aus, akibatnya motor nggak bisa berlari, jangankan untuk jalan menanjak, jalan rata saja tarikan pasti terasa berat.

Nah, bila kampas kopling sudah ada tanda mulai aus lebih baik langsung diganti, jangan menundanya karena banyak efek buruknya.

(Baca juga: Ini Kata Bos Kawasaki Soal Trail Honda CRF150L Yang Jadi Rival KLX150BF)

"Efeknya bahan bakar jadi lebih boros, hal ini disebabkan karena tarikan yang berat," kata Eddy Yulianto, Kepala Mekanik Super Sukses Motor Kawasaki, Fatmawati, Jakarta Selatan.

"Motor digas sampai mentok putaran mesin tinggi tapi putaran roda tetap segitu aja, gimana nggak boros," tambah Edoy panggilan akrab Eddy.

Bila kampas kopling aus masih terus digunakan, juga bisa membuat komponen lain di kopling ikut rusak.

"Biasanya kalau dibiarin bakal menjalar ke part lain, pelat kopling ikut aus, rumah kopling juga oblak," pungkas Edoy.

Nah kalau sudah begini repot kan bro, harus merogoh kocek yang tidak sedikit tentunya.

Penulis : Arseen
Editor : Arseen




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.