Ini Bekal Buat Montir Bengkel Saat Emak-Emak Servis Motornya, Jangan Sampe Lolos...

Arseen - Minggu, 8 Oktober 2017 | 14:21 WIB
Gusti Maharani
Pertanyaan yang umum

 

MOTOR Plus-online.com - Berdasarkan pengamatan, ternyata inilah fakta apa yang ditanyakan ibu-ibu kalau ke bengkel.

Penasaran apa saja sih yang ada di benak ibu-ibu waktu ke bengkel?

1. Rusaknya parah ya?

"Ibu-ibu biasanya nanya 'ini rusaknya kenapa? Parah gak?' mereka sebenarnya ingin tahu, tapi mungkin agak bingung juga kalau dijelaskan secara teknisnya," ujar Agus Arman, Kepala Bengkel Resmi Ahass Salas Motor Bekasi kepada GridOto (07/10).

Nah, mungkin penjelasan kerusakannya harus dengan bahasa yang lebih umum ya.

(Baca juga: Thailand Masuk Kalender Resmi MotoGP 2018, Begini Tanggepan Netizen)

2. Biayanya mahal?

Jelas ibu-ibu akan peduli dengan biaya perawatan kendaraannya, kalau bisa perawatannya irit tapi kualitasnya tetap bagus.

"Banyak yang tanya, 'kok harus ganti oli lagi mas? Mahal ya oli merk itu?,' nah disini mekanik harus menjelaskan ganti oli itu harus berapa kali, merk yang sesuai apa, begitu juga kalau ada yang tanya sparepartnya, jangan sampai salah menjelaskan," ujar Ansor, karyawan Mobeng Harapan Indah Bekasi kepada GridOto (04/10).

(Baca juga: Tips Untuk Boncengers Nih, Haram Untuk Duduk Menyamping Gayeess...)

Karena wanita ingin dimengerti, maka semoga laki-laki di bengkel bisa mengerti ya yang ada di pikiran ibu-ibu waktu ke bengkel.

3. Apa yang rusak?

Ibu-ibu yang kurang ngerti otomotif biasanya akan 'curhat' ke mekanik perihal kerusakan motor atau mobilnya.

Mekanik yang menangani juga harus lebih 'peka' karena si ibu biasanya cerita dengan bahasa umum, contohnya, "Motor saya mati, padahal kemarin nyala, apa yang rusak nih Mas?".

Nah kalau sudah begini, mekanik harus menjelaskan secara rinci kerusakannya, karena water hammer, busi basah, aki soak, atau sebab lain.

Penulis : Arseen
Editor : Arseen




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular