Kelebihan Sasis 2018 untuk Yamaha YZR-M1 yang Dipakai Maverick Vinales di MotoGP Misano

Niko Fiandri - Minggu, 10 September 2017 | 08:54 WIB

Babak kualifikasi MotoGP Misano jadi hasil yang memuaskan untuk Maverick Vinales

Maverick Vinales jadi yang tercepat di babak kualifikasi MotoGP Misano dengan menggunakan sasis 2018 untuk Yamaha YZR-M1.

Wilco Zeelenberg, manager teknik balap Maverick buka suara soal kelebihan sasis 2018 yang dipasang di Yamaha YZR-M1 Vinales.

"Sebenarnya sasis 2018 sudah dipakai di MotoGP Inggris. Di MotoGP Misano kedua kalinya dipakai. Sasis 2018 masih tetap direvisi. Target revisi sasis 2018 bisa lebih cepat masuk tikungan," beber Wilco yang juga instruktur Jorge Lorenzo dengan hasil juara dunia MotoGP 3 kali saat Lorenzo di Yamaha. 

(BACA JUGA: Ganti Sepul dan Pulser Yamaha Nouvo Z, Cegah Mesin Nyendat Saat Panas)

Ada satu karakter yang memang jadi andalan Maverick Vinales sejak dia bersama Suzuki di kelas MotoGP.

Vinales sangat melakukan late braking alias mengerem di titik terdekat sebelum masuk kelokan.

"Terlalu sering late braking, tapi kekurangannya rpm mesin tidak bisa menghasilkan tenaga lebih cepat saat cornering. Sasis 2018 jadi bagian untuk mensupport teknik balap menikung Vinales," kata Wilco yang juga pembalap GP500 eranya 1990-an.

Sasis 2018 di Yamaha YZR-M1 yang dipakai Vinales butuh setting elektronik lagi.

Mapping ulang kontrol traksi bikin Vinales tetap stabil saat menusuk cepat di tikungan dengan muntahan tenaga yang terukur bagus.

Penulis : Niko Fiandri
Editor : Niko Fiandri




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.