Kunci Kontak Motor Secanggih Kunci Kontak Mobil

Nurul - Jumat, 8 September 2017 | 14:47 WIB

Sistem pengaman motor di Indonesia, memasuki babak baru. Khususnya kunci kontak.

Produsen motor asal Jepang, mulai menanamkan fitur kunci canggih di kuda besi buatannya.

Ini menjadi fitur penting mengingat masih tingginya angka pencurian motor di Indonesia. Buat yang belum kenal, yuk kenalan dulu sob!

Yamaha punya kunci yang diberi nama Smart Key System (SKS).

Model kunci tanpa anak kunci ini (Keyless) disematkan pada varian tertinggi Yamaha Aerox 155. Jadi, sobat cukup mengantongi remote yang berfungsi sebagai trigger.

(BACA JUGA: Jelang MotoGP Misano, Jari Crutchlow Disabet Pisau)

Tidak perlu memasukan anak kunci ke rumah kunci.

Lewat SKS, menghidupkan motor tidak perlu anak kunci lagi. Cukup dekatkan Smart Key Unit (Remote, red), tekan dan putar kenob di motor, mesin pun bisa dihidupkan.

Bukan cuma Yamaha, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) 2 Wheels juga menyematkan fitur yang identik di varian Suzuki GSX-R150, yang dikasih nama Key-less Ignition.

Yang membedakannya dengan Aerox 155 hanya cara membuka tangki dan jok. Di Aerox, sobat tinggal putar ke posisi open dan tekan tombol yang ada di sisi kenop untuk membuka tutup tangki atau jok.

Penulis : Nurul
Editor : Niko Fiandri




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.