Free Practice 3 MotoGP Brno Dipakai Simulasi Balap

Eka - Sabtu, 5 Agustus 2017 | 17:26 WIB

Tak sedikit tim dan pembalap yang memaksimalkan sesi free practice 3 (FP3) MotoGP Brno, Republik Ceko (5/8) untuk sesi simulai balap esok hari.

Terlihat dari kompon ban yang digunakan hampir seluruh pembalap yang melanjutkan sesi latihan bebas 3 setelah sebelumnya sesi tersebut dihentikan akibat beberapa pembalap terjatuh di tikungan 10.

Seperti halnya Marc Marquez yang mengaplikasi ban Hard untuk depan dan Medium untuk belakang seiring Valentino Rossi dan juga Maverick Vinales yang gunakan tipe Medium untuk depan dan Medium untuk belakang di pacuannya.

Menariknya, sesi FP3 ini juga digunakan beberapa pembalap untuk menguji fairing baru di besutannya.

Baca juga: Pakai Fairing Baru Marquez Kuasai Sesi Latihan Resmi ke-3 MotoGP Ceko

Danilo Petruci (Octo Pramac) dan Jorge Lorenzo (Ducati Team) memanfaatkan waktu tersisa dengan menggunakan fairing baru di Ducati GP17 mereka.

Sementara, Andrea Dovizioso, rekan setim Lorenzo tidak menginginkan fairing aerodinamis tersebut di pacuannya.

Hal yang sama juga dilakukan tim Repsol Honda ketika Marquez memutuskan menggunakan fairing baru sementara Dani Pedrosa tidak mengaplikasi 'baju' baru itu di pacuannya.

Akhirnya, 10 menit jelang FP3 berakhir pun para pembalap mulai mengganti setingan ban di pacuan mereka untuk mengamankan posisi mereka di sesi FP2 yang bakal diambil catatan waktu terbaiknya juga di sesi kualifikasi nanti.

Namun, hampir seluruh pembalap tetap menggunakan ban depan Medium dan hanya mengganti ban belakang dengan kompon Soft.

Sontak, catatan waktu menjadi lebih tajam dari sesi sebelumnya (ketika Andrea Dovizioso mencetak waktu 1;56,321 detik di FP2).

Di sesi FP3, Marquez menjadi yang tercepat dengan catatan waktu 1;55,370 detik meski mengunakan kombinasi ban Hard (depan) dan Soft (belakang) dan tentunya fairing baru.

Jika diambil rata-rata waktu tercepat ditiap sektor sirkuit Brno, antara pembalap Repsol Honda dan Movistar Yamaha pun silih berganti menjadi yang tercepat.

Seakan Brno dikuasai dua tim pabrikan tersebut, Vinales mampu memimpin sektor 1, Marquez di sektor 2, Rossi di sektor 3 dan Pedrosa di sektor 4.

Source : MOTOR Plus
Penulis : Eka
Editor :




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.