Cara Pasang Footstep Kawasaki Ninja 250 di Suzuki GSX-R150

Wawa - Sabtu, 5 Agustus 2017 | 09:32 WIB

Belum banyak produsen part aftermarket yang menciptakan footstep khusus untuk Suzuki GSX-R150. Tapi tenang, masih bisa comot ‘rumput tetangga’ alias substitusi. Seperti footstep aftermarket RSV Racing, kepunyaan Kawasaki New Ninja 250.

Pastinya tidak bolt on. Pasalnya, lubang baut berbeda. Makanya musti dibuatkan bracket tambahan. "Bracket wajib berbahan tebal agar footstep tidak meleot," ucap Hezi Satria dari Diens Bike di Jl. Kolonel Sugiono No. 24, Pondok Bambu, Jakarta Timur.

Tinggi footstep, harus terlebih dahulu disesuaikan dengan rider. Setelah itu, dibuatkan molding dari bahan karton. Dilanjut molding ini, sebagai ukuran untuk mal plat besi tebal 6 mm. Terakhir, dipotong mengikuti molding tadi.

Lanjut lagi. Setelah plat dipasang pada footstep kanan, ditambahkan bushing 2 cm, agar posisi footstep tidak mepet dengan sasis. Untuk bagian kiri, ditambahkan bushing 1,5 cm. "Yang penting tonjokan master rem harus lurus. Jika tidak lurus, bisa merusak seal master rem," lanjut pria yang bisa dikontak di HP. 0821-1410-6666.

Bukan hanya itu yang harus lurus, pada tiang tuas persneling juga harus tegak lurus. Caranya, bagian depan tuas persneling diganjal bushing 1 cm dan belakang 1,5 cm.

"Kalau posisi tiang tidak lurus, bisa sulit oper gigi. Apalagi untuk pindah gigi ke netral, makanya perlu dibuatkan bushing dan seting panjang tiang," tutup Hezi yang mematok harga Rp 200 ribu untuk pengerjaan ini.

(www.motorplus-online.com)

Penulis : Wawa
Editor :




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.