Komentar Para Pembalap Tentang Pesan Virtual Board di Dashboard Motor

Ryan Tambun - Jumat, 30 Juni 2017 | 18:39 WIB

Topik tentang penggunaan pesan langsung ke panel instrumen pada motor untuk memberitahu rider akan terjadi sesuatu hal terkait balap memang menimbulkan pro dan kontra.

Seperti contoh kejadian di Assen, Belanda kemarin bahwa Danilo Petrucci merasa di rugikan saat bertarung dengan Valentino Rossi di lap terakhir dengan adanya Rins yang saat itu menghalangi jalur balap Petrucci sehingga Petrucci harus melambat dan kehilangan momen memprebutkan posisi pertama dengan Rossi.

Selain bendera yang dikibarkan race direction oleh marshal, panel instrumen ini juga menjadi terobosan terbaru panitia MotoGP untuk membantu balapan.

Pembalap Yamaha yakni Valentino Rossi mengganggap teknologi itu akan sangat membantunya, "kami pembalap motor tidak seperti pembalap Formula 1 yang bisa bersantai diantara satu tikungan dengan tikungan lain. Kami memiliki waktu yang sedikit tapi dengan cara ini kami bisa berkomunikasi dengan pit crew" ucap komentar VR46.

Baca juga: Instrumen Dashboard Bakal Dipakai di MotoGP Jerman

Rival Rossi yakni Jorge Lorenzo juga menggungkapkan sikap setujunya degan mengganggap pesan ini akan sangat berguna, "saya sangat penasaran untuk mencobanya, kami bisa menerima data yang sangat berguna, baik dari race direction maupun dari tim. Saya tidak bisa melihat apapun yang negatif, maka setiap pengendara akan memutuskan apakah akan menggunakannya atau tidak" aku JL99.

Namun, penggunaan pesan langsung ke panel instrumen ini tidak semua pembalap setuju, seperti Cal Cruthlow yang mengganggap pesan langsung ini berbahaya, "saya tidak suka, kita tidak punya waktu untuk membaca pesan saat kita mengemudi. Bisa jadi sepertinya berbahaya" tegas Cal.

Pembalap andalan Honda Repsol, Marc Marquez pun ikut berkomentar positif meskipun ada beberapa keberatan.

"bagi saya ini sangat membantu, terutama dalam hal memberi tahu kami tentang hukuman apapun. Selebihnya, saya lebih suka mengandalkan pit board klasik" ucap pemilik nomor start 93.

Baca juga: 27 Fakta Menarik Menjelang MotoGP Sachsenring, Jerman

Danilo Petrucci pun melontarkan komentarnya, "selalu ada lebih banyak peraturan untuk dihormati dan terkadang sulit bagi pembalap. Lihat saja apa yang terjadi pada Rossi di Le Mans, di lap terakhir, Vinales memotong chichane, dia bisa dikenai sanksi dan tim bisa mengkomunikasikan terkait hal tersebut. Ini adalah gangguan, tapi minimal anda cukup cepat melihat dan terus melanjutkan" ucap Petrucci.

Banyak dampak positifnya atau negatifnya ya sob?

Source : MOTOR Plus
Penulis : Ryan Tambun
Editor :




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular