Instrumen Dashboard Bakal Dipakai di MotoGP Jerman

Ryan Tambun - Jumat, 30 Juni 2017 | 12:53 WIB

Pernah lihat papan pit yang di keluarkan oleh crew saat pembalap melewati garis grid start setip lapnya?

Nah, kali ini di GP Sachsenring yang akan di helat tanggal 2 Juli ini pit crew yang bertugas memberi tahu pembalap melalui pitboard atau papan pit akan dibantu Race Direction untuk berkomunikasi langsung dengan pembalap via insturmen di speedometer motor.

Pengujian sudah dimulai tahun lalu dan akan terus berlanjut tahun ini dan saat dimulainya latihan bebas.

Di Sachsenring, tim dapat memilih untuk menguji sistem tersebut selama kualifikasi dan balapan.

Baca juga: 27 Fakta Menarik Menjelang MotoGP Sachsenring, Jerman

Jadi, Race direction akan memberi tahu pembalap seperti terjadi pinalti kepada pembalap yang bersangkutan dan mengirimkan pesan langsung ke papan isntrumennya.

Seperti pada foto, Race Direction dapat mengirim 7 pesan yang berbeda yang ditunjukkan untuk bendera merah, bendera hitam, bendera biru, bendera hitam dengan strip orange, ride through, turun posisi dan melebihi batas trek.

Untuk Ducati sudah siap mengadopsi teknologi ini, sedangkan Yamaha masih belum mengadopsinya sampai tahun depan.

Sebenarnya, pesan langsung yang disampaikan oleh pembalap melalui panel instrumen spidometer tidak hanya bisa dipakai oleh Race direction, tetapi tim juga bisa memberi tahu misalnya kapam harus mengganti motor, atau member tahu pembalap tentang celah atau gap dengan pembalap lain.

Baca juga: Pengaruh Panjang Swing Arm MotoGP Saat Menikung

Setiap tim juga akan bebas menentukan standar kode pesan kepada pembalapnya.

Jadi, pembalap tidak harus fokus ke pit board bukan? dan panel istrumen ini akan menjadi alat komunikasi utama pada balapan untuk masa depan

Source : MOTOR Plus
Penulis : Ryan Tambun
Editor :




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular