27 Fakta Menarik Menjelang MotoGP Sachsenring, Jerman

Ryan Tambun - Jumat, 30 Juni 2017 | 11:22 WIB

Perhelatan seri ke-9 di sirkuit Sachsenring, Jerman akan menjadi pertarungan yang menegangkan.

Sebelumnya di Assen, Belanda, sebagaimana kita ketahui bahwasannya Rossi memenangi podium teratas akan menjadi dorongan optimis dirinya untuk meraih kemenangan kembali di GP Sachsenring, Jerman.

Sebelum memulai GP Sachsenring yang juga tercatat sebagai tuan rumah dalam 20 musim berturut-turut, masih banyak fakta menarik terkait MotoGP Sachsenring, Jerman tersebut

1. Grand Prix Jerman Barat adalah event balap motor pertama di Jerman, dan digelar di Sirkuit Solitude pada 1952. Tercatat ada sebanyak 400 ribu penonton yang menonton jalannya balapan. Pembalap Irlandia, Reg Armstrong memenangi kelas 350cc dan 500cc dengan mengendarai Nortons. Pembalap tuan rumah Rudi Felgenheier menjadi juara 250cc di atas motor DKW, dan Werner Haas berjaya di kelas 125cc saat mengendarai NSU.

2. Grand Prix Jerman Timur pertama kali dihelat di sirkuit jalan raya Sachsenring pada 1961, dengan panjang lintasan 8,73 km. Balapan terus digelar di Sachsenring hingga 1972. Setelah itu, sirkuit jalan raya dianggap terlalu berbahaya untuk balap Grand Prix.

3. Grand Prix Jerman Barat dihelat setiap tahun mulai 1952 sampai 1990, ketika Timur dan Barat bergabung menjadi unifikasi Jerman. Empat sirkuit berbeda menjadi tuan rumah selama periode ini: Solitude, Schotten, Nurburgring dan Hockenheim.

4. Grand Prix Jerman diadakan setiap tahun sejak unifikasi, dari 1991 sampai 1994 di Hockenheim. Tiga tahun kemudian di Nurburgring, dan sejak 1998 di Sachsenring.

5. Selain yang disebutkan di atas, event Grand Prix lain yang telah diadakan di Jerman: GP Baden-Wurtemberg pada 1986 di Hockenheim, hanya untuk kelas 80cc dan 125cc.

6. Sachsenring awalnya memiliki panjang lintasan 3,5 km dengan satu sektor pendek trek dari sirkuit jalan raya yang lama. Modifikasi besar sirkuit dilakukan pada 2001, dan kemudian sedikit tambahan perubahan pada 2003, yang kini memiliki panjang 3,6 km.

7. Sachsenring adalah satu dari hanya lima sirkuit pada jadwal Grand Prix saat ini yang berlawanan arah jarum jam, bersama dengan Austin, Aragon, Phillip Island dan Valencia.

Source : MOTOR Plus
Penulis : Ryan Tambun
Editor :




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.