Korek Kawasaki Ninja 150R Bisa Jadi Penakluk Sera Sentul

Teguh - Kamis, 15 Juni 2017 | 14:19 WIB

Kawasaki Ninja 150R kepunyaan Denta asal Medan, Sumatera Utara, yang digarap Gemlite Meldy Motor (GMM)  korekan bengkel di Citeurup, Jawa Barat ini, sering kali taklukkan lawan di balap lurus Sera, Sentul.

Ubahannya apa aja ya?

1. HEAD SILINDER.

Volume kubah Kawasaki Ninja 150R yang disegani di Sera, Sentul, dibuat 13,9 cc, untuk mendapatkan rasio kompresi ala mesin 2-tak, sebesar 7,1 : 1.

“Kompresi setinggi itu untuk memancing tenaga besar sejak start. Sebab, untuk bisa melesat cepat di trek berjarak 500 meter, bawahnya kudu gesit, agar bisa ninggalin lawan dari awal,” ucap Meldy, mekanik GMM yang lagi doyan main MiniGP.

(BACA JUGA: Video Honda Supra X 125 Melesat Seperti Setan Bikin Kawasaki Ninja 150 Diem)

2. BLOK SILINDER.

Tinggi eksos (exhaust) berani dipapas jadi 29 mm (standar 34 mm), bila diukur dari permukaan blok silinder. Sementara lebarnya dibikin 42 mm, dengan bentuk oval pipih. 

“Korekan eksos segitu, membuat power band jadi lebih sempit. Entakan tenaga baru terasa dari putaran menengah ke atas,” beber mekanik berdarah Sunda asli ini.

3. KARBURATOR.

Tetap menggunakan Keihin PWL, yang direamer lagi venturinya jadi 30,5 mm. Setingan pilot jet dan main jet dibikin 55/160. “Setingan segini dirasa cukup untuk main di sore hari, yang tingkat kelembabannya belum tinggi,” ujar Meldy lagi.

4. RASIO TRANSMISI.

Ini dia salah satu yang bikin Ninin pekgo milik Denta ini kangtawan mulu. Selain dijejali otak pengapian Denso berkode 1454, yang dikombinasi koil YZ 125, Meldy juga meracik ulang rasio transmisinya.

“Dibikin close. Rinciannya, gigi I jadi 16/30 mata, gigi II : 20/28, gigi III : 20/24, IV : 22/23, lalu gigi V dan VI dibiarkan standar.

Data Modifikasi:

Ban belakang : Eat My Dust 60/80-17

Ban depan : FDR 50/90-17

Pelek depan : Takasago 1,20x17”

Pelek belakang : Takasago 1,40x17” (www.motorplus-online.com)

Penulis : Teguh
Editor :




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.