Persiapan Turing Jauh, Toolkit Wajib Saat Turing Jauh

Teguh - Selasa, 13 Juni 2017 | 13:51 WIB

Meski sudah melakukan pengecekan menyeluruh pada motor sebelum berangkat, bukan tidak mungkin ada saja muncul kendala di tengah jalan.

Pastinya sobat akan merasa tenang dong, saat melakukan perjalanan jauh, gak khawatir ketika tiba-tiba motor mengalami kendala di tengah perjalanan.

Karena sudah bawa peralatan yang dibutuhkan.

Memang sih ketika mengalami trouble, bisa saja cari bengkel motor terdekat.

(BACA JUGA : Pilihan Toolkits Untuk Biker Yang Doyan Turing)

Nah, gimana kalau saat itu lokasi sobat jauh dari bengkel? Pastinya jika sobat bisa tangani sendiri, akan lebih baik.

Makanya sebelum berangkat, perhatikan toolkit atau kunci-kunci yang wajib dibawa.

Ada beberapa toolkit penting, yang disarankan harus selalu disimpan di motor. \

Toh pada beberapa jenis motor seperti bebek dan matik, bagasi di bawah jok bisa digunakan untuk menyimpan toolkit tersebut.

“Minimal kunci busi, obeng, tang, kunci L set, kunci ring atau pas ukuran 8 mm, 10 mm, 12 mm dan kunci Inggris,” tukas Dhidy Nurhadi, mekanik bengkel D2M, dikawasan Kalimalang, Jakarta Timur.

Karena kunci-kunci tadi, lanjutnya, terbilang paling sering digunakan saat motor mengalami kendala.

Untuk kunci L, lazimnya buat membuka cover body atau part-part di motor yang menggunakan baut model L, kayak di peranti pengereman.

“Kalau ruang penyimpanan di motor masih lega, bisa juga ditambah kunci ring atau pas 14 mm, 16 mm, 17 mm, 18 mm, 19 mm dan 22 mm. Karena banyak part yang pengikatnya pakai mur atau baut ukuran tersebut. Seperti kaliper rem, baut atau mur as roda dan sebagainya,” tambahnya.

Nah, agar motor tetap aman selama perjalanan, jangan tunggu mengalami kendala, baru dibenerin.

“Lakukan pengecekan rutin, baik sebelum melakukan riding jauh, atau saat berhenti sejenak di tengah perjalanan,” sarannya. Sebab, bukan tidak mungkin ketika motor dijalankan, ada part yang pengikatnya mulai longgar atau mulai memperlihatkan gejala aneh.

Oh iya, disarankan pula untuk membawa part cadangan yang perannya vital.

Seperti busi, bohlam lampu depan, rem maupun sein hingga sekring.

Bila perlu bawa juga kampas rem dan ban dalam cadangan untuk motor yang pakai ban tube type. Untuk motor yang pakai ban tubeless, sebaiknya bawa cacing penambal ban dan lem Alteco ya! (www.motorplus-online.com)

Source : MOTOR Plus
Penulis : Teguh
Editor :




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular