Tips Biar Lampu Yamaha Aerox 155 Makin Terang

Uje - Kamis, 29 Juni 2017 | 16:09 WIB

Rupanya beberapa pemilik Yamaha Aerox merasakan sorot lampu depan yang sudah LED kurang begitu terang.

"Yang matanya minus atau berkacamata, sorot lampu LED Aerox kurang terang banget bro. Apalagi kalau riding saat hujan di malam hari. Nyusahin banget deh," bilang Andrew, yang baru dua bulan meminang Aerox berwarna kuning.

Menurut Andrew yang ahli kelistrikan motor, Aerox 155 ini memiliki kelistrikan paling bagus di kelasnya.

"Kelistrikannya sudah full DC. Selain itu, akinya sudah 6 ampere. Harusnya pabrikan bisa kasih lampu lebih terang," tukasnya.

Baca juga: Cara Pasang Smart Key Custom di Yamaha Aerox Tipe Standar

Ketika Andrew coba bongkar lampu Aerox, didapati LED bawaan pabrikan memiliki watt kecil.

"Aerox cuma pakai LED berdaya 5 watt. Sementara di Yamaha NMAX, kalau tidak salah 6 watt. Saat bongkar PCB (Print Circuit Board)-nya, ukurannya juga kecil banget. Makanya gak heran kalau kurang terang untuk biker berkacamata seperti gue," lanjut Andrew yang punya workshop MX Modification di Perumahan Pasadena 1 Cengkareng, Jakarta Barat.

Akhirnya ia coba kustom sendiri LED pada lampu depan Aerox miliknya.

"Mula-mula cetak PCB baru dari bahan stainless, yang bisa melepas panas. Karena bakal ditanam LED berdaya 35 watt, agar makin terang sorot lampunya. PCB ini bentuknya sama persis PCB bawaan pabriknya, biar masangnya gak susah," ujarnya.

Baca juga: Mudahnya Pasang Cakram Belakang Aerox 155

Andrew menjamin, walau daya LED-nya jauh lebih besar, gak perlu takut reflektor meleleh, karena ia juga pasangin kipas pendingin.

“Itu juga alasan ganti PCB-nya pakai bahan yang anti panas. Soal kebutuhan arusnya, juga jangan khawatir bikin aki tekor. Sebab, pengisian Aerox ini sudah full DC yang pengisiannya cepat," yakin Andrew.

Untuk sobat yang tertarik aplikasi LED kustom ini buat Aerox kesayangan, siapkan saja kocek Rp 500 ribu. "Harga segitu oke lah ya. Soalnya kalau beli satu set lampu depan orisinil, barunya sekitar Rp 800 ribu," promo pria yang bisa dikontak di nomor 0819-1442-2262. (www.motorplus-online.com)

Source : MOTOR Plus
Penulis : Uje
Editor :




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular