Jorge Lorenzo Sindir Layout Baru Sirkuit Catalunya Menguntungkan Honda

Nurul - Jumat, 26 Mei 2017 | 05:26 WIB

Jorge Lorenzo sindir layoit terbaru dari sirkuit Catalunya, Spanyol akan menguntungkan pembalap Honda dibandingkan pabrikan lain.

Sirkuit Catalunya memang mengalami revisi pada tikungan terakhir akibat kecelakaan fatal yang menewaskan Luis Salom tahun lalu.

Jika tahun sebelumnya saat race para pembalap harus menggunakan layout F1 yang dilengkapi chicane di tikungan terakhir, tahun ini sirkuit kembali diubah.

Masih menggunakan chicane atau tikungan berbentuk 'S', namun letaknya yang dibuat agak maju dari tikungan chicane sebelumnya yang dirancang untuk F1.

(BACA JUGA : Ucapan Indah Nicky Hayden Setelah Dipastikan Juara Dunia MotoGP 2006)

Posisi tikungan chicane MotoGP dibuat lebih maju agar area run off menjadi lebih panjang dan aman untuk pembalap yang jatuh.

"Bentuk tikungannya akan menguntungkan pembalap Honda dibandingkan pembalap Ducati ataupun Yamaha," sebut Jorge Lorenzo.

"Dimensi motor Honda yang lebih pendek akan lebih mudah melewati chicane dengan kecepatan rendah seperti tikungan itu," tambahnya.

Para pembalap MotoGP sendiri sudah mencoba desain baru sirkuit Catalunya ini sebelum seri di sana digelar.

Banyak pembalap yang terjatuh di tikungan baru ini.

"Tidak begitu baik untuk dilewati. Tapi setidaknya menjadi lebih aman untuk pembalap," yakin Andrea Dovizioso.

"Ini menarik dan saya pikir banyak pembalap yang terjatuh di sana. Saya dan Dani Pedrosa juga jatuh di sana dengan kecepatan yang sangat lambat. Unik tapi saya menyukainya," beber Marc Marquez.

Tentu sangat menarik melihat bagaimana jalannya lomba nanti dengan layout sirkuit baru ini.

(BACA JUGA : Bukti Kedekatan Nicky Hayden dan Rossi)

Apakah benar prediksi Jorge Lorenzo yang bilang pembalap Honda akan jauh lebih cepat di sektor terakhir sirkuit ini.

Jika benar tentunya sirkuit Catalunya akan menjadi keuntungan untuk Marquez ataupun Pedrosa memperoleh poin.

Sirkuit Catalunya sendiri akan menggelar seri ke-7 MotoGP yakni tanggal 11 Juni mendatang atau 1 pekan setelah seri MotoGP Mugello di Italia. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Nurul
Editor : Nurul




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.