Sejarah Singkat Karir Nicky Hayden Di Balap Dunia

Nurul - Senin, 22 Mei 2017 | 23:51 WIB

Pembalap yang punya nama lengkap Nicholas Patrick Hayden ini lahir di Owensboro, Kentucky, Amerika Serikat pada 30 Juli 1981.

Hayden memulai karir balapnya sejak berumur 17 tahun dan memenangkan kejuaraan AMA Supersport pada tahun 1999 bersama tim privateer Honda.

Di tahun 2002 atau tahun ketiganya berlaga di AMA Superbike, Hayden sudah berhasil menjadi juara termuda selama sejarah AMA.

Bukan cuma juara AMA Superbike, Hayden juga berhasil memenangkan event bergengsi Daytona 200.

(BACA JUGA : Harapan Hidup Juara Dunia MotoGP 2016 Nicky Hayden)

Tahun 2003 Hayden mendapat promosi berlaga di MotoGP bersama tim Repsol Honda.

Hayden kala itu menjadi rekan setim Valentino Rossi dan mendapatkan gelar Rookie Of The Year di tahun perdananya di MotoGP dengan finish di posisi kelima klasemen pembalap.

Tahun 2006 jadi puncak karir Hayden setelah berhasil menjadi juara dunia MotoGP yang mengalahkan mantan rekan satu timnya yakni Valentino Rossi.

Kesulitan bersama Honda di tahun 2007 dan 2008, Hayden memutuskan pindah ke pabrikan Ducati pada tahun 2009 dan duet bersama Casey Stoner dan menempati posisi 3 klasemen selama dua tahun.

Tahun 2011 mendiang Nicky Hayden kembali bertemu Valentino Rossi yang ikut pindah ke Ducati di tahun itu.

Ternyata kedatangan Rossi ke Ducati juga tidak memperbaiki performa motor Ducati yang membuat Hayden kembali pindah ke pabrikan Honda di tahun 2014.

Karir Hayden seperti terpendam di tahun 2014 karena hanya menggunakan motor spek Open Class (Honda RCV1000R) bersama tim Drive M7 Aspar yang membuatnya finish posisi 16 klasemen akhir.

Di tahun 2015 karirnya di MotoGP juga tidak berubah, menggunakan motor Honda RC213V-RS yang speknya jauh dari motor pabrikan, Nicky hanya bisa finish terbaik di posisi 11.

Tahun yang sama akhirnya Nicky Hayden memutuskan pensiun dari arena MotoGP dan banting stir ke Superbike di tahun 2016.

(BACA JUGA : Ini Pengakuan Pria Yang Menabrak Nicky Hayden)

Di 2016 dari 26 laganya di World Superbike Hayden berhasil 4 kali naik podium dan satu diantaranya posisi pertama di Sepang saat race berjalan hujan.

Saat mengalami kecelakaan ketika latihan menggunakan sepeda, pembalap 35 tahun ini juga sedang bersiap menyambut seri World Superbike di Italia.

Tentunya selain raut wajah rupawan, aksi Hayden di atas lintasan akan terus dirindukan.

Selamat jalan kawan, race in peace!! (www.motorplus-online.com)

Penulis : Nurul
Editor :




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.