Jalan Bahaya Saat Hujan Harus Lebih Waspada

Senin, 19 Juni 2017 | 11:51 WIB

Memasuki musim penghujan, enggak sedikit rider yang kurang mengenal karakter jalan yang berbahaya saat terendam oleh air.

Ada beberapa kontur jalan yang harus diwaspadai saat musim penghujan, seperti jalan selain aspal dan lintasan kereta api.

Saat terjadi hujan beberapa waktu lalu, sempat menyaksikan sendiri beberapa bikers yang terpeleset karena berakselerasi di atas jalur Trans Jakarta berwarna merah yang tidak ada separatornya.

Jalur Trans Jakarta yang tidak ada separatornya ini, kerap ditemui di jalan raya sempit seperti di Jl. I Gusti Ngurah Rai, Bekasi.

(BACA JUGA : PENGETAHUAN LENGKAP TENTANG AKI SEBELUM MUDIK LEBARAN)

Karena jalur tersebut diguyur hujan, dan kontur aspalnya berbeda dengan aspal biasa, mengakibatkan motor gampang tergelincir saat melaju di atas jalur tersebut saat hujan.

“Saat jalur tersebut basah, melakukan pengereman di atas jalur tersebut juga berasa kok sensor ABS bekerja. Yang menandakan bahwa ban terkunci saat melakukan pengereman di atas jalur tersebut,”  bilang Fikri pengguna Yamaha NMAX ABS.

Nah, untuk sobat yang menggunakan motor pengereman non ABS di atas jalan tersebut, hindari pengereman mendadak.

Selain itu, pengereman juga harus di ‘urut’, untuk menghindari roda yang mengunci.Dalam kaidah safety riding biasa disebut set up and squeeze.

Editor :
Sumber : motorplus-online.com
loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA