Hati-hati, Komponen Bodi Motor yang Sering Jadi Incaran Maling

Stephen - Jumat, 5 Mei 2017 | 15:03 WIB

Hati-hati yang punya motor lama karena ada bagian bodi yang jadi incaran maling.

Apa saja bagian bodi motor lama yang jadi incaran maling?

1. KARPET NOUVO

Part bodi orisinal skubek jadul Yamaha ini sudah mulai langka di pasaran.

(BACA JUGA: Kunci Pilihan Maling)

Nah, ini yang bikin banyak diburu para penyukanya.

“Gue pernah kehilangan karpet Nouvo Z. Saat itu sedang antri di pusat perbelanjaan yang berada di sekitaran Jakarta Selatan. Antriannya nggak sampai 15 menit, ketika kembali ke parkiran, baru sadar karpet sebelah kanan sudah raib,” curhat Donni Wibisono, pengguna Yamaha Nouvo Z 2006.

Dari pengalaman itu, ia mau bagi-bagi sedikit tips untuk mencegahnya.

“Sebaiknya saat parkir motor, titip pesan ke penjaga parkirnya agar lebih ekstra menjaga skubek kita. Bayar lebih mahal sedikit tidak apa-apa, yang penting tidak kehilangan,” saran warga Cinere, Depok, Jawa Barat ini. Maklum, harga karpet orisinalnya lumayan mahal.

2. EMBLEM BODY NOUVO LELE

Lain lagi yang dialami Deris Nugroho, warga Ciputat Timur, Tangerang Selatan pada Yamaha Nouvo keluaran 2002 atau sering disebut Nouvo lele.

“Tapi, belum sampai keambil si Maling. Yakni emblem bodinya. Punya Nouvo 2002 ori banyak juga yang buru, harganya cukup meroket. Begitu tau ada yang niat mencuri, buru-buru deh gue tetesin sedikit lem power. Tujuannya, kalau ada paksa mencopotnya, akan rusak. Jadi, gak berharga lagi kan,” cerita Deris sembari kasi tips pencegahannya.

3. AIS MOTOR YAMAHA

Beberapa part motor Yamaha lainnya, juga kerap menjadi incaran tangan-tangan jahil.

Seperti AIS (Air Induction System), tameng knalpot variasi, mata kucing di sepatbor belakang, bahkan tutup atas CVT pun disikat.

4. EMBLEM LOGO YAMAHA

Ini dialami reporter MOTOR Plus sendiri di dua pacuan pribadi, yakni Yamaha Jupiter MX 135 LC dan Yamaha Xeon 125.

Logo Yamaha di Jupiter MX hilang dua kali, sementara di Xeon satu kali.

Di dua varian tersebut emblem logo Yamaha, modelnya timbul dan lebih mencolok ketimbang versi lama yang terbuat dari karet biasa. Di toko-toko variasi dan online, logo sejenis ini harganya sekitar Rp 40-80 ribu.

5. LOGO PGM-FI HONDA

Kejadian ini sempat heboh di kalangan pengguna

Honda BeAT dan Vario injeksi pada beberapa tahun terakhir.

Banyak yang mengeluhkan hilangnya emblem ini dari motor-motor mereka. Lokasi logo PGM-FI ini terletak di tameng depan. Entah apa motivasi para maling yang mencuri logo PGM-FI ini.

Padahal harganya hanya berkisar Rp 10-20 ribu. (www.motorplus-online.com)

Source : MOTOR Plus
Penulis : Stephen
Editor :




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular