Waspada dengan 5 Cairan Ini, Haram Kena Bodi Motor

Uje - Kamis, 11 Mei 2017 | 10:59 WIB

Brother yang telaten merawat bodi motor, waspada ada 5 cairan yang haram kena bodi motor.

5 cairan yang diharamkan ini kalau bersentuhan langsung dengan bodi motor bisa bikin bodi jadi panuan atau bernoda, bahkan kudisan alis catnya terkelupas.

Apa aja? Nih.. dia!

1. Lotion Obat Nyamuk

(BACA JUGA: Cara Mengetahui Ban yang Sudah Kadarluarsa)

Sebelumnya, banyak beredar mitos jika lotion obat nyamuk, bisa membersihkan baret-baret halus di bodi motor, layaknya compound.

"Itu mitos doing! Memang warnanya sama-sama putih, tapi lotion obat nyamuk itu justru nempel di body dan bikin cat ngelupas. Jangan dipakai dah!" Wati Dody Irawan, modifikator DIDS Matic di Tanjung Priuk, Jakarta Utara.

2. Kencing Binatang

Ini dialami oleh Jevon Soenaryo, yang cat pelek Yamaha New V-ixion Lightning-nya, ngelupas setelah dikencingi oleh anjing miliknya.

"Kaget aja pas nengok ke pelek, kok kayak ada cat yang ngelupas gitu. Ketika mau lihat lebih dekat, kok ada bau kencing hewan," tutur Jevon.

Sebenarnya, agak jarang sih kotoran atau kencing binatang bisa bikin ngelupas cat bodi.

"Kemungkinan sih kencingnya sudah berkali-kali, dan jarang dibersihkan. Kotoran binatang seperti burung atau kelelawar, juga bisa bikin cat pudar bila tidak langsung dibersihkan," lanjut Dody.

3. Bensin

Ini sudah cukup jamak diketahui, bahwa bensin juga bisa bikin cat mudah terkelupas. Apalagi buat motor yang tangkinya berada di depan.

"Makannya disarankan saat isi bensin, jangan sampai luber-luber amat. Kalau bensin terlanjur luber, langsung segera dilap pakai kain," tambah pria yang bengkelnya bermarkas di Jl. Warakas 7, Gang 8 No. 2, Tanjung Priok.

4. Thinner

Kalau yang satu ini, jelas jadi salah satu cairan paling haram terkena bodi motor.

"Thinner kan pengencer dan pelarut cat. Sering dipakai buat bersihin permukan bodi dari cat lain yang nempel, atau kotoran. Itu pun langsung disiram air, biar gak merak cat utama," terang pria yang sudah lebih dari 10 tahun jadi modifikator ini.

5. Minyak Rem

Cairan ini memang berguna untuk sistem pengereman di motor. Namun termasuk salah satu cairan yang haram terkena bodi.

Bila terlanjur kena, harus buru-buru dinetralkan dengan air, lalu diseka pakai kain. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Uje
Editor :




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.