Setel kopling bisa dilakukan di rumah

Motorplus - Senin, 13 Februari 2017 | 19:57 WIB

Bagi sebagian orang bagian kopling adalah masalah sepele, tapi ternyata setel kopling merupakan bagian dari perawatan motor bro. Apabila jarang dilakukan pengecekan maka bisa membuat ridding menjadi terganggu kenyamanannya. Bagi yang kalian yang super sibuk ada tips ringan cara setel kopling yang bisa dilakukan di rumah.

Caranya mudah kok bro, tapi gak asal juga, karena kalau asal main setel bisa membuat kampas kopling jadi cepat habis, “biar gampang  dan tetap awet awet neh bro, sebaiknya lakukan setel kopling dengan baik dan sesuai aturan yang dianjurkan. Kalau sudah mengikuti aturan kampas motor bisa sampai 24.000 km (manual book),”  ucap Agus alias Tuwir mekanik yang bermarkas di TDR Technologi Center Jakarta Timur.

“setel kopling jangan asal dengan feelling, pasti settingannya tidak maksimal. Sebab kerja  antara tuas kopling dan stut pengungkit di rumah kopling tidak harmonis, sehingga akan timbul resiko seperti  seringnya terjadi selip dan kampas kopling cepat habis,” jelas Agus Tuwir mekanik asli Jawa Tengah ini.

Cara setel kopling manual bisa dilakuakan pada tangkai kopling atau setelan yang ada di bak mesin, karena kopling jenis ini menggunakan kabel kopling.  “setingnya, mur pengunci dan baut penyetel di tuas atas posisinya harus mentok. Lalu baut di bak mesin diatur kerenggangannya, kalau sudah pas baru diikat mur pengunci,” papar Agus Tuwir mekanik bertubuh mungil ini.

Jarak kerenggangan sekitar seperempat dari full, atau sekitar 5 mm dan jangan terlalu renggang atau terlalu rapat. Penyakit selip dan susah netral itu disebabkan setelannya (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular