Perhatikan Tekanan Angin Ban Di Saat Hujan

Motorplus - Kamis, 24 November 2016 | 11:32 WIB

Pengaruh cuaca di musim hujan seperti sekarang cukup besar bagi pengguna kendaraan bermotor. Bukan hanya harus persiapkan riding gear tambahan seperti jas hujan. Namun, adakalanya juga wajib pahami dalam mengatur tekanan angin pada ban motor. Perhatikan tekanan angin ban di saat hujan karena sangat penting ketika melibas jalanan yang basah.

Biasanya kebanyakkan orang masih saja beranggapan, jika tekanan angin di ban motor harus dikurangi. "Padahal itu terbilang salah kaprah. Karena nantinya malah akan mempengaruhi daya cengkeram ban di aspal. Biar jelas, coba perhatikan sticker panduan tentang ukuran tekanan ban yang ada di motor. Biasanya ada di antara penutup rantai, atau bagian lainnya," ujar Agus Susanto, mekanik sekaligus pemilik bengkel D'645 Concept Speed di Ds. Mandala, Dukupuntang, Sumber, Cirebon.

Untuk kondisi cuaca normal dan tidak terlalu panas, tekanan angin yang dianjurkan untuk bagian depan sekitar 29 psi. Sedangkan ban belakang ukurannya 33 psi. Jadi kalau pun ingin dikurangi, jangan sampai terlalu melebihi batas yang dianjurkan.

"Selain nantinya daya cengkeram ban jadi tidak stabil, juga sangat beresiko pula apabila dalam posisi berboncengan. Makanya, cukup biarkan tekanan angin pada ban sesuai dengan ukurannya," wanti Agus yang hobi trail adventure bermotor ini. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular