Yudhistira Kibarkan Merah Putih Di India

Motorplus - Sabtu, 1 Oktober 2016 | 18:43 WIB

Start dari posisi ke-6, bukan kendala bagi H. A Yudhistira untuk meraih podium di ajang Asia Road Racing Championship (ARRC) di sirkuit Buddh International, India (01/10). Yudhistira kibarkan bendera Merah Putih di India dari podium 3 di kelas 600 cc.

Tak sedikit dari pembalap yang mengandalkan ban belakang tipe soft untuk race 1 ini. Anthony Keith West, Decha Kraisart dan juga Yudhistira mengaplikasi ban lembut tersebut. Maka itu, sejak lampu start padam, Decha dan West langsung berusaha untuk 'kabur' dari kejaran para pembalap di belakangnya. Sementara, Yudhis harus terlibat pertarungan dengan para pembalap lain yang ada di posisi 3 dan 4.

Mengandalkan ban belakang soft ini sebenarnya juga penuh resiko. Sebab, suhu udara di sirkuit kala itu sentuh 34 derajat Celcius. Belum lagi suhu aspal yang cenderung panas. Efeknya, ban tipe soft bisa cepat habis. Terlebih jika harus dipakai untuk fight atau hard braking. Makanya, tak sedikit juga racer yang pilih ban belakang tipe medium agar tetap bertahan sampai finish. Namun, berkat ban soft itu juga Yudhistira kibarkan bendera Merah Putih di India.

Jalannya lomba pun sempat mengalami start ulang lantaran ada pembalap yang terjatuh di trek lurus sirkuit di lap 2. Ketika start ulang, jumlah lap dipangkas menjadi 13 lap. Sejak start, West yang start dari posisi pertama langsung laju. Meski sempat bertarung dengan Decha, namun ritme dan kecepatan balap West tak terbendung. Decha yang rider Yamaha Thailand Racing Team hampir sepanjang race fight dengan Yudhistira yang bernaung di tim Manual Tech KYT Kawasaki Racing.

Sayangnya, tiga rider Indonesia lainnya yang bertarung di kelas 600 cc ini kudu terlempar dari posisi 10 besar. Gerry Salim dari tim Astra Honda Racing Team kudu puas finish di posisi 12. Sementara, AM Fadly yang rekan setim Yudhistira finish ke-13. Dan, Irfan Ardiansyah yang juga rider AHRT berada diurutan finish ke-16. Semangat di race 2 esok guys...!!! (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular