Yamaha Mio Balap Kelas FFA Pakai Dua Aki

Motorplus - Kamis, 2 Juni 2016 | 10:00 WIB

Yamaha Mio yang dipakai balap Indra Agustian kelas FFA saat balap di Serang beberapa waktu kelihatan ada yang unik. Yamaha Mio spek FFA pakai dua aki.

Usut punya usut, Yamaha Mio balap pakai dua aki agar arus listriknya jadi lebih stabil. “Soalnya kan motor balap ini sudah menganut pengapian total loss. Maksudnya putaran kruk as tidak lagi terbeban medan magnet,” tukas Iqbal Tawakal dari bengkel TMS 82 yang sudah melakukan trik ini pada motor balap Indra Agustian.

Karena putaran mesin sudah dibuat lebih ringan karena sistem tadi, arus listrik sangat bergantung ke aki. Makanya, Yamaha Mio untuk balap pakai dua aki.

“Dengan penerapan dobel aki, arus listrik, terutama untuk sistem pengapian, jadi terarah dan stabil. Karena masing-masing aki mempunyai tugas suplainya tersendiri,” tambah Iqbal yang punya nama beken Otoy ini.

Aki pertama itu untuk mensuplai arus listrik ke CDI melalui koil. Sedangkan aki yang kedua khusus melayani radiator. “Karena kami pakai water pump mobil untuk memompa cairan radiator motor ini. Sehingga butuh daya yang cukup besar. Kalau pakai satu aki, takutnya aki cepat tekor karena banyak tersedot di water pump,” tambah Otoy lagi.

Nah, untuk sobat yang skubek balapnya juga mau pasang sistem pendingin radiator kayak di Mio andalan TMS 82, bisa terapkan trik ini. Tinggal tarik kabel aja, langsung by pass ke water pump radiatornya. “Tapi, saat mau balap, jangan lupa kedua aki dicas dulu sampai penuh ya. Soalnya hanya optimal satu race,” wanti Otoy lagi.

Trik ini terbukti sukses membuat Yamaha Mio geberan Indra Agustian, mampu jadi yang tercepat di kelas Matic FFA dalam event tersebut. Congratz bro! (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.