Pilihan Stabiliser Setang

Motorplus - Senin, 9 Mei 2016 | 05:00 WIB

Stabiliser setang berfungsi sebagai penstabil dan peredam getaran di setang yang bisa diatur beberapa tingkat kekerasan. Makanya, cocok diaplikasi di motor balap. Ada beberapa pilihan stabiliser setang dari harga sampai kualitas.

“Untuk balap tentunya harus mempertimbangkan performa dari steering damper. Jangan sampai cari yang murah tapi satu-dua kali pakai sudah jebol. Ketahui dahulu spek dan peruntukan steering damper yang akan dibeli,” ucap Leo Molen dari Xtreme Motor Shop.

Pilihan stabiliser setang bisa dilihat dari tingkat kekerasan. Biasanya, tingkat pengaturan kekerasan itu disebut dengan ‘klik’. Ada steering damper yang menawarkan 8 klik, 14 klik, 16 klik, 22 klik, 24 klik dan sebagainya. Semakin banyak klik yang ditawarkan semakin bagus. Berarti, banyak tingkat kekerasan yang ditawarkan steering damper itu.

“Selain klik, kualitas bahan juga wajib dipertimbangkan. Cari yang bagian silnya kuat enggak gampang jebol. Untuk yang pro, bisa pakai stabiliser setang high end yang punya beberapa fitur unggulan,” tambah Martin Lay dari Layz Motor.

Untuk kepentingan pilihan stabiliser setang balap, steering damper high end seperti merek Ohlins atau Hyperpro (HP) punya beberapa fitur unggulan. HP punya CSC (Constand Safety Control) dan RSC (Reactive Safety Control) yang akan mengontrol setang dengan cepat jika terjadi goncangan.

Ohlins pun tidak kalah sip. Beberapa modelnya punya teknologi RTC (Return To Center Adjuster) yang bisa membuat setang kembali ke tengah sesuai ke inginan. Ada juga teknologi DL (Damping Level Adjuster) untuk mengatur tingkat koreksi getarannya.

“Sekarang steering damper yang dijual Ohlins tinggal model batangan saja. Yang model kotak sudah tidak produksi lagi. Selain harganya mahal, proses pembuatannya juga rumit,” ucap Ruly AM, GM Marketing Ohlins Indonesia.

Nah, jangan asal beli. Cari tahu fiturnya dan sesuaikan dengan peruntukannya ya!

OHLINS (Stroke 60 – 120 mm)

Harga : Rp 5,7 juta

Kekerasan : 16 klik

BLACK DIAMOND

Harga     : Rp 1,2 juta

Kekerasan : 14 klik

KTC

Harga     : Rp 1,4 juta

Kekerasan : 9 klik

KTC

Harga     : Rp 1,2 juta

Kekerasan : 6 klik

HYPERPRO

Harga     : Rp 5,4 juta

Kekerasan : 24 klik

LAYZ MOTOR

Jl. Panjang Arteri Kelapa Dua No. 90 D-E, Jakarta Barat. Telp. 0817-9172-129

XTREME MOTO SHOP

Jl. P. Tubagus Angke Raya, Ruko Angke Square Blok B No. 19, Jakarta Barat. Telp. (021)2920-1019

OHLINS INDONESIA

Jl. Cikini Raya No. 70, Menteng, Jakarta Pusat. Telp. (021) 3161-606 (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular