Suzuki TS 125 Makin Trail

Motorplus - Minggu, 24 Januari 2016 | 16:00 WIB

Ceritanya, Supri yang salah satu mekanik mesin kapal ini doyan main adventure. Ciri khas trek adventure di Banyumas memang penuh handicap pendek. Makanya doi incar semplakan yang mudah dalam urusan maintenance namun juga enak buat nyrusruk hutan. Pilihannya jatuh hati pada Suzuki TS 125. Tapi, doi harus modifikasi Suzuki TS 125 makin trail.

Supri dibantu Toro Bawor dari rumah modifikasi BWR Frame Concept, untuk membuat Suzuki TS 125 dibuat makin trail. Caranya, aplikasi kaki-kaki kekar comotan Spesial Engine (SE). “Tapi, ciri TS 125 harus tetap tampak. Makanya tangki dipertahankan walau sepatbor depan belakang comot punya KTM,” cocor Toro yang buka gerai di Jl. Utara Lapangan, Kelapagading, Wangon, Banyumas, Jawa Tengah.

BODI. Biar Suzuki TS 125 makin trail, bodi dibuat modern dengan pilihan baju baru dari KTM 250. Pemasangan panel bodi cukup sederhana yaitu dengan braket baru dari pelat 3 mm. Termasuk sepatbor depan-belakang dan cover lampu depan, semua pakai dari KTM 250. Namun untuk tangki, tetap pakai bawaan motor. Sebab, si empunya ingin cita rasa TS 125 masih terasa. Hanya saja, Toro melakukan penyesuaian pada bagian jok agar sesuai dengan konsep.

SASIS. Konstruksi sasis bagian depan masih asli pabrik, seperti down tube dan komstir. Hanya saja perlu permak khusus pada bagian sasis belakang atau sub frame. Dudukan bodi belakang dibuat baru dengan material besi 22,5 mm, yang menarik sasis bagian bawah di bagian as lengan ayun dibuat kuat layaknya KTM dengan pipa pipih.

SOK DEPAN. Agar enak dipakai manuver, ajrutan depan comot segelondong punya limbah SE Honda CR125. Komponen ini diambil lengkap dari batang sok hingga segitiga atas bawah. Sehingga memudahkan saat pemasangan, hanya menyesuaikan laher komstir agar sesuai dengan as Suzuki TS 125. Agar makin enak buat handling, setang pakai Protaper.

SWING ARM. Walaupun pabriknya sudah mengadopsi komponen monoshock, namun Toro mengubah detail komponen agar enak dibawa jatuh bangun ala adventure. “Caranya, dengan mengubah konstruksi monosok dengan sok diganti pakai punya Honda CR85. Lengan ayun pun pakai yang panjang dari Yamaha YZ 125 lawas. Sedangkan untuk as lengan ayun hanya menyesuaikan bushing as lengan ayun saja,” cuap Toro yang punya 5 karyawan ini. (www.motorplus-online.com)

DATA MODIFIKASI:

Ban depan          : Maxxis 80/100-21

Ban belakang       : Maxxis 100/100-18

Pelek depan-belakang: TK

Sok belakang       : Yamaha YZ 85

Knalpot            : MMS

Setang             : Protaper

Bodi               : KTM 250

BWRFC              : 0822-4272-5008

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular