Jurus Yamaha Mio Drag 7,8 Detik

Motorplus - Sabtu, 2 Januari 2016 | 14:48 WIB

Yamaha Mio gacoan tim SJRT Uye-Uye asal Kediri, Jawa Timur ini, sanggup menorehkan waktu 7,8 detik di trek lurus 201 meter. Bermain di kelas Matic 200 cc, skubek garputala keluaran 2009 ini sempat menghantarkan pembalapnya, Ricko Bochel dan Adi S. Tuyul, jadi jawara beberapa waktu lalu. Jadi penasaran dengan jurus Yamaha Mio drag 7,8 detik ini.

Jurus Yamaha Mio drag 7,8 detik ini tidak lepas dari karakter mesin kilikan Rizky ‘bendol’ Faridianto yang sengaja diset dahsyat di putaran atas. Untuk dapat karakter tenaga seperti itu, kuncinya ada di bagian head silinder. “Suplai bahan bakar harus bisa mencukup di rpm atas agar powernya maksimal,” terang mekanik asal Kediri, Jawa Timur ini.

KOMPRESI

Guna mengejar akselerasi cepat, jurus utama Yamaha Mio drag 7,8 detik adalah bikin kompresi tinggi yang mencapai 13,2 : 1. Tujuannya supaya putaran mesin bisa naik dengan cepat, namun torsi bawah gak kedodoran. “Rasio kompresi segitu didapat lewat pemakaian piston Kawahara berdiameter 66 mm yang profilnya agak jenong. Posisi pemasangannya dibikin mendem sekitar 1,2 mm dari bibir liner saat di TMA,” kata Bendol dan itu merupakan ukuran ideal untuk matic 200 cc.

KEM & KLEP

Mengimbangi portingan saluran masuk dan buang yang digedein, durasi kem juga dimainkan. Bagian in dibikin jadi 273°, sedangkan ex-nya 272°. “Dipadukan klep berlabel EE ukuran 29/24 mm (in/ex),” tambah pria yang ngakunya tipikal pecinta istri.

CVT

Supaya tarikan bawah bisa cepat, sektor CVT turut diupgrade. Bobot roller oleh mekanik asal desa Pagu, Kediri ini diganti 7 gram rata keluaran Kawahara. “Sengaja pakai yang ringan agar putaran roda belakang bisa cepat saat start,” terang pria yang juga hobby main burung. Eittss.., asal jangan burung sendiri ya bro, hahaha…!

MAGNET

Bendol rupanya masih tetap mempercayakan magnet bawaan pabrik untuk menemani ubahan di kelas 200 cc. Beda dengan mekanik lainnya yang rata-rata mengaplikasi magnet YZ. “Namun agar putaran mesin lebih enteng, magnet saya bubut sampai beratnya tinggal 750 gram. Sistem pengapiannya dibikin total loss. Itu sudah lebih dari cukup bagi saya. Kalau pakai milik motor lain, masih belum merasa cocok dalam menemukan setingan yang pas. Toh hasilnya juga sama-sama ringan kan?” bangga mantan pembalap road race ini. (www.motorplus-online.com)

DATA MODIFIKASI

Ban depan : Eat My Dust

Ban belakang : Eat My Dust

Karburator : Keihin PE 28

Main jet    : 125

Pilot jet   : 45

SJRT Uye-Uye : 0822-8066-5678

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular