Kelebihan Ban Motor Tipe Radial Dibandingkan Bias

Motorplus - Jumat, 23 Januari 2015 | 20:13 WIB

Selain desain dan ukuran, ban sepeda motor dibedakan dari kontruksi dan bahan yang digunakan. Ada yang model bias ada juga yang radial. Untuk radial merupakan tipe ban yang menggunakan lapisan serat baja. Sedangkan ban bias, menggunakan lapisan dari bahan serat nilon. Mau tau kelebihan ban motor tipe radial dibandingkan bias, yuk simak.

"Kelebihan pertama ban motor tipe radial dibandingkan bias adalah dinding ban yang lebih fleksibel. Kontruksi seperti ini menghasilkan daya cengkram yang kuat pada suduk yang lebih kecil seperti sedang berbelok," ucap Bayu Surya Pamugar Sugeng, Country of Sales & Marketing 2 Wheels Division PT Michelin Indonesia yang banyak keluarkan ban model radial.

Kedua, kontruksi ban radial membuat kontak ke permukaan jalan lebih merata alias tidak terpusat di satu bagian saja. Imbasnya ke ban, membuat umur pakai ban bisa lebih panjang dibandingkan ban bias. Daerah yang tergerus aspal juga bisa lebih merata atau tidak habis di bagian tengah saja.

Terakhir, kelebihan ban tipe radial dibandingkan bias ada didaya redamnya. Karena lebih fleksibel, ban tipe radial bisa meredam getaran dari jalan yang bergelombang. Terasa saat motor diajak melintas speed trap dalam kecepatan tinggi. Ban dengan tipe radial bakan lebih smooth alias tidak terlalu mantul dibandingkan ban tipe bias. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.