Pasca Lebaran, Tercatat Korban Kecelakaan Mudik Tahun ini Menurun

Motorplus - Rabu, 20 Agustus 2014 | 08:35 WIB

Menteri Perhubungan, EE Mangindaan, menyatakan jumlah kecelakaan lalu lintas selama mudik Idul Fitri 2014 dari H-7 hingga H+5 sebanyak 2.741 kejadian. Hal ini menurun dari tahun lalu sejumlah 3.200 kejadian. Sedangkan korban meninggal tahun ini sebanyak 538 jiwa atau menurun dari tahun lalu 686 orang.

Meski angka kecelakaan dan korban meninggal dunia menurun, Menhub menyatakan keprihatinannya. "Kami sudah berusaha optimal, tapi masih saja terjadi kecelakaan. Kecelakaan kebanyakan terjadi di jalan raya. Sepeda motor merupakan korban kecelakaan paling besar," katanya.

Lebih lanjut, mantan Gubernur Sulawesi Utara ini mengatakan permasalahan pada transportasi darat adalah infrastruktur jalan yang tidak mendukung untuk arus lalu lintas mudik. Beberapa ruas jalan dan penghubung jalan, lanjut dia, rusak parah saat musim mudik tahun ini. Hal ini menurutnya sangat menghambat lalu lintas selama mudik, bahkan cenderung mengakibatkan kecelakaan di jalan raya.

Ia juga mengapresiasi banyaknya pihak yang mengadakan mudik bersama dengan menggunakan moda transportasi umum. Partisipasipasi masyarakat ini, menurutnya turut memberikan sumbangsih bagi penurunan angka kecelakaan dan jumlah korban fatal. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular