Posisi Nyaman Berkendara Dikala Lakukan Riding Jauh

Motorplus - Selasa, 5 Agustus 2014 | 09:26 WIB

Brother yang hendak melakukan perjalanan jauh menggunakan motor, ada baiknya punya persiapan matang. Termasuk hal yang membuat perjalanan menjadi nyaman. Salah satu yang bikin perjalanan nyaman adalah postur berkendara alias riding posture.

Menurut Manager Motorsport & Safety Riding Astra Honda Motor, Anggono Iriawan, ada 7 (tujuh) riding posture yang mesti diketahui. Yakni; Mata, Pundak, Siku, Tangan, Pinggul, Lutut dan Kaki.

Masing-masing memiliki fungsi sendiri. “Mata mesti memandang jauh. Agar memudahkan dalam antisipasi jika ada obyek lain yang ganggu” jelas Anggono.

Untuk pundak dibikin rileks. Jangan tegang karena itu akan membuat kenyamanan berkendara akan berkurang. Ujung-ujungnya, badan jadi gampang letih. Sudut siku yang lurus juga bisa bikin susah pengendara dalam melakukan manuver. Gerak setang ke kiri dan kanan pun akan terlihat kaku.

Tapi begitunya, posisi siku juga jangan lurus. “Sudut siku idealnya 120 derajat, dengan begitu, pegangan tangan ke setang jauh lebih kuat. Dan tentunya juga, tidak membuat badan jadi gampang pegal,” tambahnya. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.