Suzuki TS 125, Gas Gas Amrik Ala Banyumas

Motorplus - Senin, 4 Agustus 2014 | 17:41 WIB

Gas Gas Randone jenis motor trial bikinan Amrik. Tipe roda dua yang biasa dipakai penggemar trial game tingkat dunia. Tapi, bagi Benny Clay Rozaly, builder spesialis adventure BCL Reference (BCLR), Banyumas, enggak perlu beli Randone. Cukup geser desain Suzuki TS125 jadi Randone.

Randone ala Banyumasan ini cocok untuk Benny yang doyan blusukan di alam bebas. Rancangan bangun Randone klop banget untuk trek pendek dengan turunan dan tanjakan curam. Tak heran, modifikasi bergaya trial ini lebih cocok dipakai dengan gaya trek yang dilalui seputaran pulau Jawa. “Model trial bikin traksi dan manuver lebih pas. Gampang dikendalikan dan enggak capek,” jelas pria ramah ini.

Dasar konsep trial bikin sasis yang enteng. Tujuannya supaya eces diajak melompat dan enteng dibopong jika tergelincir atau terjerembab. Makanya, Benny fokus desain sasis yang enteng dan sesuai model trial Gas Gas sebagai rujukan bentuk. “Sasis, hanya down tube dan komstir asli yang digunakan. Selebihnya saya pakai pipa baja 1 inci sebagai sasis baru hingga ke bagian tengah,” cuap Benny yang punya workshop di Jl. Raya Tambak No. 3, Tambak, Banyumas, Jawa Tengah ini.

Bentuk Rundone yang slim dibalut bodi trial pakai material PVC. Tapi, acuan tetap aplikasi bentuk Rundone. Seperti bentuk sepatbor depan yang mini dan sepatbor belakang dibuat layaknya motor yang pandai melompat. Berkat material PVC, Benny tak takut jatuh. Sebab, sepatbor ini sangat lentur.

Sedangkan bagian tangki, pria yang memiliki 5 karyawan ini mengolah tangki custom agar sesuai konsep. Namun, penyesuaian dilakukan, seperti bentuk tangki bagian bawah yang lebih tinggi. Sebab, dimensi mesin TS sedikit gambot. Jalan keluarnya tangki dibuat lebih kecil pada bagian bawah.

Dipacu pada kontur tanah yang kribo harus menggunakan komponen yang teruji sesuai spek off-road. Juga, harus sesuai konsep. Makanya, Benny lebih memilih comot ajrutan depan Gas Gas Pampera. Penyesuaian hanya pada bagian komstir. Lebih mudah, karena Benny memakai segitiga bawaan Gas Gas juga yang terbukti kualitasnya di segala medan.

Sok belakang diramu dengan komponen kombinasi. Yaitu, sok Suzuki Satria yang dimodif ulang bagian dalamnya agar sesuai karakter trial. Rebound diatur ulang. Gampang ambles, namun dibuat lama naiknya. (www.motorplus-online.com)

DATA MODIFIKASI

Ban depan: IRC 2,75X21

Ban belakang: IRC 4,00X18

Pelek depan: DID 1,60X21

Pelek belakang: DID 2,15X18

BCLR: 0857-2607-6868

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular